Senin 14 Jan 2019 16:42 WIB

Catat, Beragam Dampak Buruk Bekerja Sif Malam (2-Selesai)

Bekerja shift malam terus menerus memicu stres dan depresi

Rep: Santi Sopia/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Orang yang bekerja dan makan pada malam hari ketika tubuh mereka secara biologis siap untuk tidur rentan berat badannya rentan bertambah.
Foto: Prayogi/Republika
Orang yang bekerja dan makan pada malam hari ketika tubuh mereka secara biologis siap untuk tidur rentan berat badannya rentan bertambah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bekerja pada malam hari atau shift malam dapat berdampak pada gangguan kesehatan, meskipun tidak disadari. Bekerja di malam hari berpotensi memengaruhi tekanan darah, kesehatan jantung, risiko terserang stroke, hingga gangguan siklus menstruasi. Berikut beberapa dampaknya, dilansir This Is Insider.

Baca: Catat, Ini Beragam Dampak Buruk Bekerja Shift Malam (1)

Gangguan Metabolisme

Olahraga mungkin membantu mengatasi gangguan metabolisme. Masalah fisik lain yang dapat terjadi seperti obesitas, perubahan lemak dalam darah, seperti trigliserida dan bahkan resistensi insulin yang nantinya dapat menyebabkan diabetes. Kuncinya, makan sehat dan aktivitas fisik.

Gejala Depresi

Bekerja shift malam dapat memengaruhi suasana hati Anda. Bukan hanya kesehatan fisik yang dapat dipengaruhi oleh pekerjaan malam hari, kesehatan mental Anda dapat terpengaruh.

Tubuh Anda melepaskan hormon dan bahan kimia yang berbeda sesuai dengan siklus 24 jam ini. Jadi, ketika Anda bangun selama periode waktu ketika tubuh seharusnya tertidur, Anda mungkin tidak melepaskan jumlah bahan kimia yang tepat atau normal pada waktu itu.

Fakta bahwa bekerja di malam hari ketika tubuh harus tidur, dapat memicu stress secara umum dan bahwa stress dapat menyebabkan kecemasan, depresi, mudah marah.

Risiko Kecelakaan

Akibat lelah kerja malam bisa meningkatkan risiko kecelakaan. Beberapa kecelakaan terjadi ketika orang tertidur di belakang kemudi. Kecelakaan adalah masalah lain yang bisa terjadi bersamaan dengan kerja shift malam.

Masalah Jantung

Kerja malam hari dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular Anda.  Penelitian telah menemukan bahwa kerja malam sebenarnya dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular Anda.

Risiko Stroke

Anda mungkin berisiko lebih tinggi terkena stroke. Meningkatnya risiko stroke adalah masalah potensial lain yang bisa muncul bersamaan dengan bekerja di malam hari. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement