Senin 14 Jan 2019 07:32 WIB

Tes Ujian Seputar BTS Jadi Perdebatan di Korea

Tidak semua murid dinilai memiliki pemahaman tentang BTS.

Boyband BTS
Foto: EPA
Boyband BTS

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Apakah tepat untuk mengetes kemampuan murid berdasarkan perintah untuk menggambar sebuah objek berdasarkan bayangan murid tentang BTS. Bagaimana bila murid tersebut tidak memiliki pengetahuan tentang boyband asal Korea Selatan tersebut?

Isu tersebut mengemuka setelah Universitas Wanita di Seoul memasukkan BTS dalam ujian masuk di jurusan keramik dan sepatu, seperti dilaporkan The Korea Herald. Dalam sektor pendidikan Korea yang sangat kompetitif, beberapa murid SMA fokus secara eksklusif pada pelajaran.

Baca Juga

Murid-murid tipe itu bahkan menghindari diri dari internet dan televisi. Mereka ingin menyiapkan diri benar-benar untuk ujian masuk perguruan tinggi.

Dilansir dari Strait Times, Senin (14/1), sejumlah warganet namun mendukung keputusan universitas. Mereka mengatakan, peserta ujian tidak harus tahu sia[a BTS atau bahkan seperti apa rupa anggota BTS. Sebab peserta ujian hanya diinstruksikan menghasilkan gambar berdasarkan persepsi mereka tentang BTS.

Warganet mengatakan pula, tujuan dari tes bukan untuk menghasilkan gambar yang mirip dengan tampilan BTS. Tapi lebih untuk mengekspresikan kreativitas mereka berdasarkan topik seputar BTS.

Di Korea, ini bukan pertama kalinya murid mendapat pertanyaan ujian seputar bintang K-pop. BTS setidaknya muncul di tulisan esai Universitas Nasional Seoul tahun lalu dan tes rekrutmen di Korean Broadcasting System.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement