Kamis 10 Jan 2019 11:36 WIB

Kevin Hart tak Mau Berspekulasi Soal Undangan MC Oscar

Jika ke depan ia diminta kembali, Hart belum tahu apa yang akan diputuskannya.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Kevin Hart.
Foto: EPA
Kevin Hart.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Komedian Kevin Hart resmi menyatakan mundur sebagai pembawa acara Oscar tahun ini. Mundurnya Kevin dari tugasnya tersebut membuat perhelatan Oscar 2019 terancam digelar tanpa MC.

Dikutip dari Variety, Rabu (9/1), Kevin bermasalah karena pernah mengunggah kalimat bernada homofobia di Twitter. Unggahan bintang film Jumanji itu pun langsung mendapat kecaman keras dari warganet dan aktivis pendukung hak-hak LGBTQ. Pihak Academy Awards sempat memberikan pilihan pada Kevin apakah akan minta maaf atau mundur sebagai MC. Pada akhirnya ia memilih untuk mundur dari jabatannya sebagai pembawa acara.

Baca Juga

Dalam acara Good Morning America, Kevin mengonfirmasi hal itu. Kevin telah meminta maaf atas perbuatannya bamun tetap menolak kembali ke Oscar. "Aku tidak akan memandu acara Oscar lagi tahun ini," katanya.

Saat ditanya adakah kemungkinan dirinya menjadi MC untuk Oscar di tahun-tahun mendatang, Kevin tak bisa memastikan. "Sulit memprediksi apa yang bisa terjadi," ujar aktor berusia 39 tahun itu.

Rencananya malam penghargaan Oscar akan disiarkan langsung dari Dolby Theatre pada 24 Februari mendatang. Berdasarkan sumber terdekat Oscar, penyelenggara sudah punya alternatif untuk mengisi kekosongan Kevin. Alih-alih mengandalkan satu nama, produser dan Academy of Motion Pictures Arts and Sciences akan mengambil beberapa nama dari daftar tamu kelas A untuk memandu tiap segmen acara.

Pihak Academy telah mempertimbangkan menyambut Kevin kembali jika ia menggunakan kesempatan di acara Ellen DeGeneres Show untuk menunjukkan penyesalan atas lelucon anti-gay dan berkomitmen menjadi MC. Namun di acara yang dipandu Ellen DeGeneres itu, Kevin mengatakan dirinya menjadi korban kebencian di internet dan para haters ketimbang sebagai pelaku ujaran kebencian.

Ellen, yang juga merupakan penyuka sesama jenis, menunjukkan simpati dengan memberi dorongan pada Kevin agar mau kembali menjadi MC Oscar. "Ada banyak haters di luar sana. Apapun yang terjadi di internet, jangan hiraukan. Itu golongan kecil orang yang berteriak sangat keras. Kami adalah golongan besar yang mencintaimu dan ingin melihatmu di Oscar," ungkap Ellen. Namun kata-katanya tetap tak berhasil mengubah keputusan Kevin.

Sebelum kejadian ini, malam penghargaan Oscar juga pernah diselenggarakan tanpa MC. Momen itu terjadi tiga dekade lalu yakni pada tahun 1989. Acara tersebut memasukkan aktor Rob Lowe yang tampil duet dengan Snow White yang disinggung Variety sebagai penampilan yang memalukan bagi sang aktor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement