Kamis 10 Jan 2019 06:00 WIB

Mengenal Rubela Alias Campak Jerman

Dalam beberapa kasus, rubela pada ibu hamil mengakibatkan kematian janin.

Rep: MGROL116/ Red: Ani Nursalikah
Petugas menunjukan Vaksin Campak dan Rubella (MR) sebelum melakukan imuniasasi kepada anak di Puskesmas Darussalam, Banda Aceh, Rabu (19/9).
Foto:

Komplikasi

Jika Anda terkena infeksi, ada kemungkinan Anda akan kebal terhadap virus rubela secara permanen. Infeksi datang dengan berbagai komplikasi yang melekat padanya. Pada gadis dan wanita muda, virus rubela dapat menyebabkan radang sendi di jari, pergelangan tangan dan lutut. Komplikasi ini dapat berlangsung selama satu bulan atau bahkan jangka panjang.

Dalam beberapa kasus lain, itu dapat menyebabkan otitis media, infeksi telinga dan ensefalitis, serta radang otak. Wanita hamil rentan terhadap komplikasi parah dan risiko jika terkena infeksi rubela. Itu tidak begitu mempengaruhi ibu, tetapi sangat mempengaruhi janin.

Dalam beberapa kasus, virus rubela mengakibatkan kematian janin. Ketika seorang wanita hamil dipengaruhi oleh virus rubela, kemungkinan virus yang diturunkan ke anak tinggi.

Laporan telah mengungkapkan sekitar 80 persen bayi yang lahir dari ibu dengan rubela (selama 12 minggu pertama kehamilan) telah mengembangkan sindrom rubela bawaan. Masalah kesehatan yang serius ini dapat menyebabkan kematian bayi dan keguguran, serta menyebabkan komplikasi berikut pada bayi baru lahir. Seperti ketulian, pertumbuhan retardasi, cacat pada organ internal, cacat jantung bawaan, kecacatan intelektual, gangguan hati dan limpa, kerusakan masalah tiroid, dan diabetes.

Perawatan pengidap rubella

Dalam kebanyakan kasus, orang-orang yang telah terinfeksi disarankan untuk banyak istirahat. Karena infeksi virus, antibiotik tampaknya tidak berguna.

Pada anak-anak, penyakit ini kebanyakan sangat ringan dan tidak memerlukan perawatan. Jika anak menderita sakit atau demam, disarankan mengonsumsi acetaminophen (Tylenol) atau ibuprofen (Motrin) anak-anak.

Dalam kasus wanita hamil, sangat penting untuk segera pergi ke dokter. Wanita hamil diobati dengan antibodi globulin hiperimun yang dapat melawan virus rubella. Namun, itu tidak berarti anak yang belum lahir akan bebas dari kemungkinan perkembangan sindrom rubela bawaan yang menyebabkan pertumbuhan dan keterbelakangan janin lambat.

Dalam kasus yang lain, dokter merekomendasikan individu untuk tetap terisolasi dari orang lain, terutama dari wanita hamil. Untuk bayi yang lahir dengan sindrom rubella bawaan, perawatan akan bervariasi tergantung pada tingkat masalahnya.

Perawatan diri

Jika seseorang terkena virus rubela, maka orang tersebut perlu melakukan beberapa perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan. Banyak istirahatlah di tempat tidur. Hindari orang dengan sistem kekebalan yang kurang atau sangat rendah. Beri tahu orang-orang di sekitar Anda (teman, keluarga, rekan kerja), terutama wanita hamil sehingga mereka dapat mengambil metode pencegahan yang diperlukan. Ambil acetaminophen untuk mengobati demam dan sakit tubuh.

Pencegahan

Anda dapat melindungi diri dari terjangkit virus menular dengan melihat metode pencegahannya. Vaksin rubela, yang diberikan sebagai kombinasi dari inokulasi campak-gondong-rubela (MMR) adalah vaksin yang paling efektif dan aman terhadap infeksi. Secara medis direkomendasikan anak-anak harus mendapatkan vaksin MMR antara 12 sampai 15 bulan, dan satu lagi antara 4 sampai 6 tahun. Jika dalam kasus seorang anak memerlukan vaksin sebelum usia 12 bulan, vaksin dapat diberikan ketika anak tersebut berusia 6 bulan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement