Kamis 03 Jan 2019 16:30 WIB

Jangan Pangkas Lima Sumber Karbohidrat Ini Saat Diet

Memangkas karbohidrat bukanlah pengaturan pola makan yang ideal dalam jangka panjang.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ani Nursalikah
Oatmeal dan buah
Foto:
Petani memanen buah labu di perkebunan buah labu di Desa Ciburial, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung, Ahad (31/7). (foto : Mahmud Mahyudin)

Kentang dan ubi

Ubi merupakan sumber vitamin A, B6, dan C yang baik. Akan tetapi, ubi kuning sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan karena memiliki indeks glikemik yang tinggi. Ubi bisa dijadikan campuran salad atau dibakar dan disajikan sebagai makanan pendamping saat makan malam.

Kentang juga dapat menjadi sumber karbohidrat yang baik. Akan tetapi kentang sebaiknya tidak diolah dengan cara digoreng atau dipanggang. Menurut Harvard Health, kentang sebaiknya diolah dengan cara direbus bersamaan dengan kulitnya selama 20 menit demi menjaga sebagian besar nutrisi di dalamnya.

Labu

Labu bisa diolah dengan berbagai cara, baik dimasukkan ke dalam sup, dibakar maupun dijus. Labu juga diketahui sebagai salah satu makanan super.

Cukup banyak jenis labu yang mengandung gula alami. Tetapi labu juga diketahui kaya lutein yang dapat memproteksi mata.

Selain itu, labu juga mengandung cukup protein dan serat untuk memberi rasa kenyang lebih baik. Kandungan magnesium dan kalium dalam labu pun dapat menunjang kesehatan tulang.

Buah dalam porsi cukup

Beberapa buah seperti pisang dan apel sering kali dijauhi oleh orang-orang yang sedang menerapkan diet rendah karbohidrat karena keduanya mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Akan tetapi tak ada salahnya mengonsumsi pisang dan apel selama tidak dalam jumlah berlebihan.

Konsumsi apel juga sebaiknya disertai dengan kulitnya. Alasannya, kulit apel memiliki kandungan serat dua kali lipat lebih banyak, 20 persen kalium yang lebih tinggi dan 40 persen vitamin A yang lebih banyak dibandingkan hanya sekedar memakan daging apel tanpa kulit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement