Rabu 26 Dec 2018 11:55 WIB

Tiga Rekreasi Alam Murah Meriah di Tangerang Selatan

Pengunjung bisa menikmati asrinya taman atau berolahraga.

Rep: MGROL116/ Red: Ani Nursalikah
Pintu masuk Taman Kota 1 BSD, Serpong, Tangerang Selatan.
Foto:
Pintu masuk Tandon Ciater di Serpong, Tangerang Selatan.

Tandon Ciater

Tempat penampungan air yang memiliki luas tujuh hektare ini ramai dipadati pengunjung pada hari libur di pagi dan sore hari. Tempat yang asri ini cocok untuk rekreasi liburan hemat bersama keluarga atau bisa dijadikan tempat berkumpul bersama teman dan kerabat.

Seperti yang dirasakan salah satu pengunjung yang mengaku sudah sering ke tempat ini. "Tempat ini seru, apalagi kalau sore cocok buat main dan olahraga, ngumpul bareng keluarga," kata pengunjung asal Sengkol, Tangerang, Sakinah (17) di Tandon Ciater, Senin (24/12).

Area yang cukup luas memungkinkan banyaknya aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung, salah satunya berolahraga. Tandon ini dikelilingi arena jogging. Arena bermain dengan fasilitas alat-alat olahraga dan arena skate cukup luas. Namun, fasilitas papan lengkung di arena skate sudah tidak layak pakai.

photo
Tandon Ciater di Serpong, Tangerang Selatan.

Di sekitar kawasan ini juga dilengkapi camping ground atau area khusus untuk berkemah dan bangunan blandongan. Rumah khas Betawi itu memiliki luas 500 meter persegi dan menjadi blandongan terbesar di Indonesia. Blandongan tersebut sering digunakan untuk berbagai acara seperti resepsi pernikahan, tempat pemotretan, latihan silat, dan sebagainya.

Saat hari libur tempat ini sangat ramah anak karena terdapat banyak penyewaan permainan yang tersedia, seperti berkuda. Permainan ini dipatok Rp 50 ribu untuk dua kali putaran. Selain kuda, juga ada becak mini, sepeda, motor cross untuk anak kecil, dan mobil mini.

Area ini juga menjadi lahan pertanian terpadu. Ada pendopo bergaya tradisional dengan halaman luas, mushala, kantin, dan toilet umum. Pendopo ini dapat digunakan untuk berkumpul dan sangat cocok dijadikan tempat pertemuan atau diskusi para pelajar, mahasiswa, atau komunitas.

Saat ditemui di pos pintu masuk Tandon Ciater, Senin (24/12), pengelola Tandon Ciater yang bernama Ujay mengatakan pembangunan Tandon ini merupakan hasil dana hibah dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Tandon Ciater ini termasuk sebuah bangunan baru di Tangerang Selatan yang peremiannya dilakukan pada 15 Januari 2016 oleh Wali Kota Tangerang Selatan, Ibu Airin Rachmy Diany.

photo
Pendopo di Tandon Ciater di Serpong, Tangerang Selatan.

Di Tandon Ciater juga banyak sekali ikan. Namun, pengunjung dilarang memancing agar ekosistem perairan di sana tetap terjaga. Pengunjung hanya diperbolehkan untuk memberi makan ikan.

Jika lapar, Anda dapat mengisi perut dengan membawa bekal untuk piknik atau jajan makanan di kantin yang tersedia di depan pintu masuk. Anda dapat menemukan berbagai makanan dan minuman di sana.

Untuk memasuki tempat rekreasi ini tidak dikenakan biaya selain tarif parkir Rp 3.000 untuk sepeda motor, sedangkan Rp 5.000 untuk mobil. Sepeda motor dan mobil di parkir di sisi jalan dekat pintu masuk. Simpan karcis parkir Anda karena saat keluar akan dilakukan pengecekan oleh petugas parkir.

Tandon Ciater berlokasi di Jalan Widya Kencana, Ciater, Serpong, Kota Tangerang Selatan. Taman buka mulai pukul 06.00-17.00 WIB. Untuk menjangkau lokasi ini disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi daring karena sulit dijangkau angkutan umum.

photo
Tandon Ciater di Serpong, Tangerang Selatan.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement