Rabu 26 Dec 2018 11:55 WIB

Tiga Rekreasi Alam Murah Meriah di Tangerang Selatan

Pengunjung bisa menikmati asrinya taman atau berolahraga.

Rep: MGROL116/ Red: Ani Nursalikah
Pintu masuk Taman Kota 1 BSD, Serpong, Tangerang Selatan.
Foto:
Lokasi foto favorit di Jaletreng Riverpark di Taman Kota 2 BSD, Ciater, Serpong, Tangerang Selatan.

Jaletreng Riverpark

Kawasan terbuka seluas 7,2 hektare ini menyajikan keindahan paduan sungai, danau, bukit, taman, dan hutan pinus menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang yang mengunjunginya. Panorama indah tersebut disuguhkan dengan suara gemericik air sungai yang terdengar, memberikan Anda ketenangan dari bisingnya perkotaan.

Fasilitas lengkap dengan kualitas baik juga menjadi keunggulan tempat wisata ini seperti trek jogging, bangku taman, gazebo, arena skateboard, dan masih banyak lainnya yang dapat menunjang berbagai kegiatan untuk bisa dinikmati di Jaletreng Riverpark.

Jika Anda masuk melalui pintu masuk Jalan Viktor Raya, Serpong, bersiaplah terpesona dengan pemandangan yang disuguhkan. Tampak pula tulisan cukup besar bertuliskan "I ❤ Tangsel" yang terdapat di dataran tinggi dan berundak seperti terasering. Selain itu, tulisan besar bertuliskan "Jaletreng Riverpark" di atas bukit seberang sungai Jaletreng juga terlihat. Kedua ikon ini menjadi bagian dari spot swafoto favorit pengunjung.

photo
Danau di Jaletreng Riverpark di Taman Kota 2 BSD, Ciater, Serpong, Tangerang Selatan.

Tata letak yang rapi dan lingkungan bersih serta sejuknya hutan pinus sukses membuat pengunjung, khususnya anak-anak , betah berlama-lama di sini. Hal itu karena selain adanya mainan yang tersedia di arena bermain anak, pada hari libur terdapat pula banyak permainan anak lainnya seperti becak, motor, dan mobil yang serba mini. Ada juga wahana permainan pesawat dan kereta api. Jika belum puas, anak dapat bermain di istana balon.

Jika ingin ada sentuhan edukasi dan melatih daya kreativitas anak, ada pula yang menjual fasilitas mewarnai gambar bermedia kertas dengan harga Rp 8.000. Selain itu, ada mewarnai gipsum untuk dijadikan hiasan dinding yang dibanderol dengan harga Rp 3.000-Rp 5.000.

Untuk orang dewasa, ada sepeda sambung yang bisa dinaiki dua orang untuk mengelilingi danau sambil menikmati pemandangan ruang terbuka hijau ini. Setelah lelah bersepeda atau aktivitas lainnya, Anda bisa bercengkerama bersama keluarga dan bersantai ria sambil menikmati berbagai kuliner dengan harga terjangkau.

photo
Pengunjung menikmati Jaletreng Riverpark di Taman Kota 2 BSD, Ciater, Serpong, Tangerang Selatan.

Terdapat banyak warung yang menyediakan makanan ringan sampai makanan berat seperti ayam bakar, ketoprak,  dan bakso. Minuman pun beraneka macam, mulai dari minuman kemasan sampai es kelapa. Di salah satu warung, Anda dapat merasakan makan seperti piknik beralaskan tikar dan bersantai di ayunan hammock sambil menikmati rindangnya hutan pinus secara gratis.

"Jarak tempuhnya dekat dan cocok untuk anak-anak. Bagus, cuma masih banyak yang harus diperbaiki lagi seperti jalanan dari pintu masuk Taman Kota 2," ucap Umi Rizkya (35) asal Batu Ceper, Tangerang di Jaletreng Riverpark, Senin (24/12). Jalanan atau bisa disebut trek jogging trek dari Taman Kota 2 ini memang masih belum tertata rapi dan bersih.

Untuk yang bawa bekal sendiri Anda pun bisa piknik gratis di sini. Jika ingin, bisa menyewa ayunan hammock yang bertarif Rp 10 ribu per jam. Tempat ini juga difasilitasi mushala dan toilet umum yang cukup bersih, luas, dan nyaman.

photo
Jaletreng Riverpark di Taman Kota 2 BSD, Ciater, Serpong, Tangerang Selatan.

Selain menjadi tempat rekreasi piknik bersama keluarga, tak jarang juga ada yang berolahraga atau sekadar nongkrong bersama teman. Dukungan Pemkot Kota Tangsel terhadap pariwisata, seni, dan budaya di Jaletreng Riverpark ini terbukti dengan adanya bangunan megah berupa Amphitheater Gelanggang Seni dan Budaya yang dapat digunakan jika ada suatu pertunjukan. Tempat itu dapat menampung sekitar 1.000 orang.

Di sebelahnya, terdapat gedung blandongan berlantai dua. Gedung ini juga dibangun cukup megah dan rapi serta bisa digunakan untuk ganti pakaian saat ada pertunjukan di gelanggang budaya.

Lokasi Jaletreng Riverpark berada di Jalan Setapak, Setu, Kota Tangerang Selatan, persisnya berada di dalam Taman Kota 2 BSD. Untuk mengunjunginya bisa datang melalui jalan Tekno, Ciater, Serpong, Kota Tangsel.

Tempat ini buka setiap hari dari pukul 06.00-18.00 WIB. Fasilitas parkir cukup luas. Pengunjung dikenakan tarif resmi parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor, Rp 3.000 untuk mobil, dan Rp 4.500 untuk bus, truk, dan sejenisnya. Simpan karcis parkir Anda karena saat keluar akan dilakukan pengecekan oleh petugas parkir.

photo
Permainan anak di Jaletreng Riverpark di Taman Kota 2 BSD, Ciater, Serpong, Tangerang Selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement