Senin 03 Dec 2018 23:34 WIB

Tips Menghindari Zonk Saat Belanja Online

Membaca testimoni dan review yang ditinggalkan pembeli.

Belanja online
Foto:
Belanja online

Ketiga, janga lupa perhatikan model atau tipe produk secara detail. Contoh, kalian ingin membeli sepatu. Model sepatu seperti apa yang pas dengan bentuk kakimu? Bagaimana dengan bahannya? Mengetahui hal-hal yang terkesan sepele seperti ini akan membantu kalian buat mendapatkan produk yang diincar secara cepat dan tepat.

Langkah keempat jangan lupa menghitung ukuran produk. Menyambung dari poin sebelumnya, penting juga buat kalian untuk menghitung ukuran. Langkah ini umumnya dianjurkan saat kalian akan membeli sepatu, pakaian, dan item-item yang dilengkapi daftar ukuran. 

Beberapa kasus zonk yang terjadi dalam transaksi online shop diakibatkan kecerobohan pihak pembeli yang salah mencantumkan ukuran atau merchant yang asal menebak karena keterangan ini tidak diisi. 

Tips kelima yaitu mengenal karakteristik bahan-bahan produk. Setiap produk—entah pakaian maupun perangkat elektronik—mempunyai karakteristik berbeda. Hal ini tak terlepas dari fungsi dan kebutuhan target pasarnya. Maka dari itu, kalian juga perlu mengenal sifat-sifat bahan atau material produk yang akan dibeli di online shop. 

Tips keenam adalah memeriksa kembali syarat dan ketentuan. Sudah melakukan langkah 1 sampai 5? Hal-hal yang patut kalian tinjau ulang adalah harga produk, estimasi pengiriman barang, metode pembayaran, garansi atau refund dan kupon yang digunakan. 

Yang ketujuh jangan langsung melepas tag harga produk. Barang yang kalian pesan sudah tiba dan sesuai detail pesanan? Bagus! Namun, jangan buru-buru melepas tag harga yang tergantung atau tertempel pada produk. Beberapa online shop tidak menerima refund kalau tag harga cacat atau lepas penuh. 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement