Senin 03 Dec 2018 23:34 WIB

Tips Menghindari Zonk Saat Belanja Online

Membaca testimoni dan review yang ditinggalkan pembeli.

Belanja online
Foto: Republika/Wihda Hidayat
Belanja online

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  — Belanja online menjadi salah satu gaya hidup kaum Hawa di belahan dunia manapun. Sayang, aktivitas belanja lewat internet ini terkadang membuat gigit jari dan zonk karena beragam alasan. 

Pengalaman zonk berbelanja online misalnya dialami oleh Ellen Williams yang baru kena tipu, karena jumpsuit emas yang dia pesan dari sebuah online shop berbeda jauh dengan foto yang ditampilkan. 

Dilansir dari Mirror, jumpsuit yang dibanderol seharga kurang lebih Rp 600 ribuan tersebut tampak tembus pandang sampai memperlihatkan pakaian dalam yang Ellen kenakan. Perempuan berusia 21 tahun itu pun dikabarkan bakal meminta ganti rugi pada online shop yang bersangkutan.

Guna menghindari zonk seperti Ellen, berikut ini tips yang perlu pembaca tahu. Pertama, belanja di online shop terpercaya. Menemukan online shop di Indonesia bukan perkara sulit.

Namun, bagaimana dengan toko online terpercaya? Kalian bisa menilainya dari tampilan website atau media sosial, konten, kelengkapan katalog produk, hingga rating yang diberikan para pembeli. 

Salah satu online shop Tanah Air yang patut kalian pertimbangkan adalah Blibli.com. E-commerce yang satu ini bukan cuma berani menampilkan produk dari berbagai kategori, tetapi juga selalu memastikan merchant dan barang yang dijualnya memenuhi kriteria yang sudah ditentukan. 

Tips kedua adalah rajin membaca testimoni atau review pembeli. Beberapa orang kerap mengabaikan testimoni atau review yang ditinggalkan pembeli pada produk-produk yang dijual di toko online. 

Padahal, penilaian mereka dapat membantu kalian buat mengambil keputusan penting. Memang, sih, testimoni tak dapat dijadikan patokan mutlak. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement