Kamis 22 Nov 2018 11:27 WIB

10 Kiat Enyahkan Bau Kaki

Bau kaki bisa memengaruhi hubungan sosial.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Ani Nursalikah
Sepatu yang tidak pas bisa menimbulkan bau kaki
Foto: safebee
Sepatu yang tidak pas bisa menimbulkan bau kaki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bau kaki bisa dialami oleh siapa saja. Munculnya bau tak sedap pada kaki biasanya disebabkan adanya bakteri dan kondisi yang lembab. Bau kaki yang dalam bahasa medis disebut dengan istilah bromodosis memang bukan penyakit yang membahayakan. Akan tetapi, bau kaki bisa mengganggu orang-orang di sekitarnya bahkan bisa memengaruhi hubungan sosial.

Namun jangan khawatir, bagi Anda yang punya masalah dengan bau kaki cara menghilangkannya cukup mudah. Dikutip dari Medical News Today inilah 10 kiat yang bisa dilakukan untuk mengenyahkan bau kaki yang mengganggu.

Kaos kaki

Mengenakan kaos kaki sepanjang hari bisa mengurangi bau kaki. Kaos kaki, terutama yang terbuat dari material yang menyerap keringat, dapat mengurangi bau tak sedap dari kaki. Memakai kaos kaki juga dapat menghalangi bau sepatu menempel di kulit.

Sepatu

Sepatu yang sirkulasi udaranya baik bisa digunakan untuk mengurangi produksi keringat di kaki. Selain itu, sepatu tersebut juga dapat mengurangi kelembaban.

Pilihlah sepatu dengan lubang-lubang yang memang didesain agar udara di bagian dalam sepatu bersirkulasi dengan baik. Hindari sepatu berbahan plastik karena menyebabkan keringat dan bau kaki.

Rotasi sepatu dan kaos kaki

Sebisa mungkin jangan gunakan sepatu dan kaos kaki yang sama selama berhari-hari. Pakailah sepatu dan kaos kaki secara bergilir setiap hari. Dengan demikian, sepatu yang baru saja dipakai bisa kering dari keringat dan tidak berbau.

Ganti sol dalam sepatu

Menyingkirkan bau kaki juga bisa dimulai dari mengganti sol dalam sepatu. Gunakan sol sepatu antibakteri dan tidak menimbulkan bau. Jika sol itu tidak tersedia, Anda bisa semprotkan spray antibakteri ke sol sepatu.

Eksfoliasi kaki

Jangan hanya berkutat pada alas kaki saja jika ingin menghilangkan bau kaki. Di rumah, Anda sebaiknya rajin membersihkan kaki dengan scrub atau menggosok kaki dengan batu apung. Cara ini berguna mengelupas sel kulit mati yang menjadi tempat bersarangnya bakteri.

Baca juga: Manfaat Merendam Kaki dalam Cuka

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement