Senin 19 Nov 2018 06:25 WIB

10 Makanan Terbaik untuk Rambut (2)

Makanan ini bisa membuat rambut Anda tebal, kuat dan berkilau.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Memiliki rambut indah adalah impian tiap wanita.
Foto: EPA
Memiliki rambut indah adalah impian tiap wanita.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah rambut Anda lusuh, kusam, dan perlu perawatan? Lupakan perawatan rambut mahal. Sebaiknya fokus pada apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh untuk mendapatkan yang terbaik dari makanan yang telah dikonsumsi.

Ahli diet Carrie Ruxton mengungkapkan, terkait dengan makanan terbaik yang bisa membuat rambut Anda tebal, kuat dan berkilau, dilansir di Net Doctor, Sabtu (17/11), sebagai berikut.

Sayuran hijau gelap

Sayuran hijau gelap seperti bayam dan brokoli mengandung vitamin A dan C, nutrisi penting karena mereka membantu tubuh menghasilkan minyak alami seperti sebum yang bertindak seperti kondisioner alami. "Minyak sehat, seperti minyak zaitun, alpukat dan biji rami juga dapat membantu," ujar Ruxton.

Unggas

Kekurangan protein bisa menjadi masalah besar bagi rambut, yang menyebabkan untaian rapuh dan dalam kasus kronis atau ekstrem, kehilangan warna. "Ayam, kalkun, dan telur mengandung banyak protein serta vitamin B, yang penting dalam pemeliharaan folikel rambut," kata Ruxton.

photo

Daging

Penuh seng, mineral penting yang dikenal karena sifat antioksidan dan perannya dalam pemeliharaan rambut yang sehat. Domba dan tiram juga merupakan sumber yang baik.

"Bukti menunjukkan bahwa tidak masalah untuk memakan hingga 500 gram daging merah tanpa lemak sepekan. Itu sekitar lima porsi seukuran setumpuk kartu," kata Ruxton.

Pisang

Kekurangan vitamin B6 telah dikaitkan dengan penipisan  dan kehilangan rambut, karena vitamin B yang penting ini bertanggung jawab untuk membantu tubuh menyerap nutrisi dari makanan. Ketersediaan vitamin ini juga memiliki efek pada produksi sel darah merah, yang memelihara folikel rambut Anda, memastikan mereka memiliki semua yang mereka butuhkan untuk bersinar dan pertumbuhan.

Telur

Vitamin, biotin juga disebut vitamin B7, telah dikaitkan dengan rambut yang lebih sehat dan lebih penuh karena penting untuk struktur sel-sel rambut.

"Sebuah studi 2016 menemukan empat dari 10 wanita yang mengeluhkan kerontokan rambut memiliki tingkat biotin yang rendah dalam tubuh mereka. Sumber biotin yang bagus termasuk kuning telur tapi makalah  telur utuh, Hati, kacang dan biji-bijian," kata Ruxton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement