Senin 19 Nov 2018 06:13 WIB

10 Makanan Terbaik untuk Rambut (1)

Makanan ini bisa membuat rambut Anda tebal, kuat dan berkilau.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Memiliki rambut panjang dan indah menjadi dambaan banyak perempuan.
Foto: dok Republika
Memiliki rambut panjang dan indah menjadi dambaan banyak perempuan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah rambut Anda lusuh, kusam, dan perlu perawatan? Lupakan perawatan rambut mahal. Sebaiknya fokus pada apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh untuk mendapatkan yang terbaik dari makanan yang telah dikonsumsi.

Ahli diet Carrie Ruxton mengungkapkan, terkait dengan makanan terbaik yang bisa membuat rambut Anda tebal, kuat dan berkilau, dilansir di Net Doctor, Sabtu (17/11), sebagai berikut.

Keju dan Yogurt

Keju dan yoghurt cottage adalah cara mudah yang bagus untuk mendapatkan protein penting, seperti kasein dan whey ke dalam diet Anda. Karena sebagian besar rambut terdiri dari protein, makronutrien ini sangat penting untuk pertumbuhan dan kekuatan.

"Protein susu adalah nilai biologis yang tinggi yang berarti mereka mengandung semua asam amino, protein membangun blok, yang dibutuhkan tubuh manusia," kata Ruxton.

Minyak Ikan

Varietas ikan yang berminyak (salmon dan makarel) mengandung asam lemak seperti omega 3, yang dapat membantu memperlambat kerontokan rambut. Ikan juga mengandung pasokan zat besi dan vitamin B12 yang mengesankan, yang penting untuk kesehatan rambut dan juga kulit, zat besi disimpan di folikel rambut dan digunakan untuk berbagai proses tubuh, dari membuat hemoglobin, substansi dalam sel darah merah, yang mengangkut oksigen, untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

"Perempuan dan anak perempuan sering kekurangan zat besi dan dapat meningkatkan penyerapan dengan minum segelas jus jeruk murni dengan makanan utama hari itu," kata Ruxton.

Wholegrain

Wholegrain, dari roti hingga sereal, mengandung seng, vitamin B dan zat besi. Seng adalah kunci untuk kesehatan rambut, karena ini digunakan untuk mengatur hormon yang memiliki dampak langsung pada ketebalan dan pertumbuhan rambut Anda.

"Sebuah penelitian di laboratorium menemukan kandungan millet, sereal gandum, merangsang pertumbuhan sel-sel rambut meskipun ini perlu diuji dengan benar pada subyek manusia," kata Ruxton.

Walnut

Penuh selenium, mineral penting yang meningkatkan kesehatan kulit kepala Anda, walnut dapat membantu mengurangi kemungkinan kekeringan. "Seng juga terbukti membantu ketombe jadi itu alasan lain untuk makan ikan dua kali sepekan," ujar Ruxton.

Wortel

Terkenal karena perannya dalam menjaga mata yang sehat, wortel juga dapat membantu menciptakan kepala rambut penuh. Berkat vitamin A, sayuran ini membantu Anda mendapatkan tampilan berkilau, dan terkondisi dengan mempertahankan minyak alami di rambut, dan menjaga kulit kepala dalam kondisi prima.

"Makanan kaya vitamin A dan nutrisi prekursor mereka, karotenoid, juga dapat membantu melindungi rambut dan kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari. Contoh lain termasuk cabai merah dan kuning, jeruk, tomat, aprikot, dan bayam," kata Ruxton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement