Rabu 14 Nov 2018 13:24 WIB

Makna Kata 'Excelsior' yang Sering Dipakai Stan Lee

Excelsior menjadi jargon milik Stan Lee.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ani Nursalikah
Stan Lee
Foto: AP
Stan Lee

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Komikus legendaris Stan Lee meninggal dalam usia 95 tahun pada Senin (12/11). Ucapan belasungkawa membanjir dari penggemar, aktor, dan pelaku industri film sebagai penghormatan terakhir bagi sang pendiri Marvel Comics.

Pada sebagian besar ucapan duka cita tersebut, hampir selalu terselip kata "excelsior". Istilah itu sangat melekat dengan sosok Stan Lee yang menciptakan sederet karakter pahlawan super, seperti Spider-Man, Iron Man, dan Incredible Hulk.

Baca Juga

Salah satunya seperti yang dituliskan aktor Chris Evans. Pemeran Captain America itu menyampaikan kesedihannya atas kepergian Stan Lee yang tidak tergantikan. Tak akan ada lagi komikus yang kreativitasnya sebanding dengan mendiang.

"Selama banyak dekade, dia memberikan petualangan, kenyamanan, rasa percaya diri, inspirasi, kekuatan, persahabatan, dan kegembiraan pada banyak generasi. Tanda cintanya akan selalu terkenang. Excelsior!!" tulis Evans.

Semasa hidupnya, Lee sangat sering mengucapkan kata "excelsior". Istilah yang dia buat sendiri itu kerap digunakan untuk mengakhiri tulisan atau status media sosial. Pada salah satu sesi wawancara, Lee pernah mengungkap makna di baliknya.

Lee yang kreatif sangat suka mengakhiri kolom komik dengan kata unik yang ekspresif. Dia pernah memakai istilah "Hang Loose", "Face Front", dan "Nuff Said". Sayangnya, dia tidak puas karena kompetitor selalu meniru dirinya.

Karena itulah dia memutar otak untuk mencari satu istilah yang tidak akan mudah diketahui artinya dan cukup sulit dieja. Itulah asal mula hadirnya "excelsior" yang menjadi semacam jargon menggembirakan milik Lee sepanjang hidup dan kariernya.

"Apa itu excelsior? Terus ke atas menuju kejayaan yang lebih besar! Itulah yang selalu kudoakan untuk kalian setiap kali aku selesai ngetwit! Excelsior!" tulis Lee dalam cicitannya di Twitter pada 2010, dikutip dari laman Mashable.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement