Selasa 13 Nov 2018 15:52 WIB

Catat! Ini 10 Cara Mendisiplinkan Anak tanpa Memukul

Mengubah perilaku orang tua menjadi salah satu cara mendisiplinkan anak tanpa memukul

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Memukul anak tidak akan efektif untuk mendisiplinkan.
Foto: boldsky.com
Memukul anak tidak akan efektif untuk mendisiplinkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjadi orang tua terkadang menjadi sulit, terutama ketika anak menolak untuk mendengarkan Anda. Berapa kali kita sebagai orang tua telah menemukan situasi di mana anak-anak membuat permintaan luar biasa yang tidak dapat dipenuhi.

Reaksi normal adalah mendisiplinkan mereka dengan memukul. Tetapi apakah itu adalah pendekatan yang tepat untuk situasi ini? 

Memukul adalah kemungkinan besar satu-satunya reaksi yang kita tahu dalam situasi di mana anak kita menolak untuk mendengarkan. Meskipun telah lama menjadi bahan perdebatan, para peneliti baru-baru ini menyimpulkan bahwa memukul memang memiliki efek negatif pada anak-anak, terutama dalam jangka panjang.

Ada banyak jenis penelitian di luar sana yang telah menyimpulkan bahwa anak-anak yang telah dipukul lebih sering di masa kecil lebih rentan terhadap depresi dan rendahnya harga diri di masa dewasa mereka. Jadi apa cara yang tepat untuk menghadapi anak yang sulit? Mungkin konsep mengasuh secara positif berguna.

Ada beberapa cara di mana Anda dapat menangani anak yang sulit, bukan memukul. Metode-metode ini juga akan membantu para anak dalam jangka panjang dengan memberi mereka kekuatan untuk melawan dengan masalah-masalah dunia nyata begitu mereka tumbuh dewasa seperti yang dilansir melalui Boldsky.

1. Abaikan

Ini mungkin sulit pada awalnya, tetapi hal terbaik yang dapat Anda lakukan ketika anak Anda mulai membuat ulah adalah dengan mengabaikannya dan melanjutkan pekerjaan Anda. Jika anak Anda menuntut camilan sebelum waktu makan, beri mereka kata 'tidak' yang tegas dan abaikan. 

Mereka mungkin menciptakan keributan tetapi mungkin tidak akan lama. Sebagian besar anak sangat membutuhkan perhatian dari orang tua mereka setiap saat. Mengabaikan mereka akan membuat mereka lebih sadar akan perilaku mereka, bahkan di masa depan. 

2. Gunakan Metode “Time-out”

Apakah Anda sering mendapati anak Anda geli akan amarah Anda? Ini membuat Anda lebih marah, kan? Jadi, cobalah untuk tidak bereaksi pada awalnya.

Kemudian, beri mereka waktu. Mungkin bijaksana untuk mengawasi mereka setiap saat. Tetapi jika Anda ketat dengan mereka tentang hal itu, kemungkinan bahwa mereka dapat mematuhinya. Anak Anda akhirnya akan belajar untuk tenang dan berperilaku lebih baik. 

Memberi mereka waktu istirahat juga akan membiarkan mereka tahu bahwa perilaku buruk mereka membawa konsekuensi dan amarah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement