Selasa 30 Oct 2018 04:00 WIB

Resep Minuman Energi Menggunakan Madu

"Madu telah digunakan sebagai makanan, obat-obatan setidaknya selama 8.000 tahun"

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Madu
Foto: .
Madu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siapa yang tak mengenal madu, salah satu suplemen alami untuk menjaga kesehatan. Apalagi diketahui madu mampu memberi kehangatan di udara dingin dan bisa meringankan batuk. 

“Madu telah digunakan sebagai makanan, obat-obatan, dan lebih banyak lagi oleh budaya di seluruh dunia setidaknya selama 8.000 tahun terakhir,” tulis Hannah Coughlin dalam buku barunya, The Goodness of Honey dikutip dari mindbodygreen.

Madu adalah antibakteri, antivirus, dan pejuang peradangan yang ampuh. Menurut Coughlin, itu adalah pangkalan sempurna untuk minuman energi sehat instan.

Dia menjelaskan, Madu dapat menyediakan energi dalam waktu tujuh menit, menurut penelitian pada atlet. Ini juga memberikan efek lambat bakar yang menghasilkan stamina dan daya tahan yang hebat. 

Fruktosa bebas dan glukosa gula dalam madu mengembalikan aktivitas otak secara konstan, sehingga mengurangi atau menghilangkan kelelahan di saat-saat kebutuhan fisik dan mental terbesar kita.

Dia merekomendasikan menggunakan minuman untuk memulai rutinitas pagi Anda atau untuk mencegah kelelahan di sore hari.

Berikut bahan-bahan yang bisa digunakan untuk membuat minuman tersebut.

1. 8 gelas air

2. ⅔ cangkir madu yang belum diolah

3. ½ sendok teh garam

4. Jus 1 hingga 2 lemon

Cara membuatnya 

1. Tuangkan air ke dalam panci besar. Tambahkan madu dan garam dan didihkan dengan api sedang sampai keduanya larut. Kemudian tambahkan jus lemon dan aduk untuk digabungkan.

2. Biarkan hingga dingin, kemudian pindahkan ke kulkas untuk didinginkan selama dua hingga tiga jam sebelum diminum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement