Sabtu 27 Oct 2018 05:55 WIB

Teh Ini Ampuh Atasi Perut Kembung

Minuman herbal ini kaya antioksidan serta mineral yang dapat meningkatkan imun.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ani Nursalikah
Teh peppermint.
Foto: Pixabay
Teh peppermint.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasa kembung biasanya disebabkan gas yang terperangkap atau jumlahnya berlebih di dalam perut. Hal ini terjadi ketika sistem pencernaan sedang mencerna makanan atau minuman tertentu.

Makanan yang umumnya sulit dicerna dan menjadi penyebab kembung adalah junk food atau makanan tidak sehat yang rendah gizi. Selain junk food, minuman ringan mengandung gas juga bisa menyebabkan kembung.

Tidak hanya makanan dan minuman tersebut, sayuran seperti brokoli, kubis serta rebung juga dapat membuat angin terperangkap di dalam perut. Meski demikian, ada sejumlah makanan dan minuman tertentu yang bisa memperbaiki proses pencernaan sekaligus menghilangkan kembung.

Satu minuman yang ampuh mengatasi kembung adalah teh peppermint. Dilansir di Express, minuman herbal ini kaya akan antioksidan serta mineral yang dapat meningkatkan imunitas dan memperbaiki sistem pencernaan.

Peppermint mengandung magnesium, potassium serta vitamin A dan C. Magnesium adalah mineral yang mengubah makanan menjadi energi dan membantu menaikkan tingkat energi.

Sementara potassium membantu mengendalikan keseimbangan cairan di dalam tubuh, mencegah penumpukan cairan yang bisa memicu kembung. Vitamin A membantu sistem imun melawan penyakit dan infeksi, serta vitamin C membantu melindungi sel tubuh.

Selain itu, teh peppermint juga mengandung sifat antispasmodik yang dapat membantu menghilangkan kram atau kejang perut. Kandungan tersebut meringankan rasa tertarik pada otot sehingga membuat perut terasa nyaman.

Sedangkan kandungan mentolnya dapat menenangkan rasa tidak nyaman dalam perut sekaligus bisa mengatasi permasalahan pencernaan. Minuman ini juga tidak mengandung kafein yang dapat membuat perut terasa kembung.

Teh peppermint sangat efektif diminum ketika setelah makan atau saat perut mulai terasa kembung dan kram. Untuk mengantisipasi terjadinya kram atau kembung sebaiknya hindari makanan junk food atau minuman bersoda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement