Sabtu 20 Oct 2018 13:43 WIB

Manfaat Biji Bunga Matahari

Cara paling baik mengonsumsinya dipanggang dengan atau tanpa kulit.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ani Nursalikah
Biji bunga matahari.
Foto: tOrange.biz
Biji bunga matahari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Biji tertentu, seperti chia dan rami, cenderung mendapatkan banyak sorotan sebagai pemasok besar nutrisi. Padahal, banyak biji-bijian yang dapat disandingkan, termasuk biji bunga matahari.

Jenis bijian tersebut bukan hanya sekadar untuk camilan atau makanan hamster saja. Biji bunga matahari pun kaya akan nutrisi. Satu porsi biji bunga matahari yang dikupas atau sekitar 1/4 cangkir atau empat  sendok makan memberikan 14 gram lemak dengan campuran lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.

“Lemak mono dan polyunsaturated pada biji bunga matahari menunjukkan manfaat kesehatan yang jelas, terutama yang berkaitan dengan kesehatan jantung dan risiko penyakit kardiovaskular,” kata ahli diet terdaftar Alissa Rumsey, dikutip dari Time, Sabtu (20/10).

Satu porsi bijian itu juga mengandung sekitar enam gram protein dan 2,5 gram serat. Rumsey mengatakan, lemak, serat dan protein memainkan peran penting untuk merasa kenyang.

Biji matahari pun mengandung vitamin dan mineral, termasuk vitamin E yang memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Jenis bijian ini pun memiliki folat yang penting untuk sintesis DNA, fosfor untuk kunci kesehatan tulang, dan selenium dan antioksidan yang melindungi terhadap kerusakan sel. Selain itu, mangan di dalamnya membantu produksi tulang, tembaga yang membantu kesehatan jantung dan fungsi kekebalan tubuh, B6 baik untuk perkembangan kognitif dan fungsi, dan zink penting untuk metabolisme dan fungsi kekebalan tubuh.

Biji bunga matahari terutama kaya magnesium, mineral yang terlibat dalam lebih dari 300 fungsi tubuh yang berbeda. "Magnesium dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan penjagaan gula darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular," kata ahli diet terdaftar Brian St Pierre.

Tidak dipungkiri, beberapa jenis biji memiliki keunggulan dibandingkan biji bunga matahari. Biji chia dikemas dengan asam lemak omega-3 nabati dan serat. Biji rami dan biji rami juga lebih tinggi dalam asam lemak omega-3 daripada biji bunga matahari.

"Namun, biji bunga matahari lebih kaya vitamin dan mineral, dan umumnya memberikan profil rasa superior untuk biji chia," ujar kata St. Pierre.

Biji bunga matahari juga memiliki beberapa konsentrasi tertinggi pitosterol, molekul tanaman yang baik. untuk mengurangi kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Untuk mendapatkan manfaat dari bijian itu, cara paling baik dengan dipanggang dengan atau tanpa kulit. Kemudian, kupas dan konsumsi secara langsung.

"Kulitnya memiliki banyak serat dan dapat dimakan, namun, sangat keras, dan jika tidak dikunyah dengan baik dapat membahayakan saluran pencernaan," kata Yeung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement