Kamis 18 Oct 2018 19:53 WIB

Alasan Berat Badan tidak Turun Dengan Berjalan

Berjalan dengan kecepatan yang sama akan tubuh terbiasa dan tak turunkan berat

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Olahraga joging membakar lebih banyak kalori dari berjalan kaki.
Foto: AP
Olahraga joging membakar lebih banyak kalori dari berjalan kaki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siapapun tak dapat menyangkal berjalan adalah bentuk latihan yang amat hebat.  Berjalan tidak hanya dapat diakses di mana pun anda berada, tapi juga amat mudah serta tak menganggu sendi dan aktivitas yang bisa dinikmati siapapun.

Namun, anda mungkin bertanya-tanya ketika terus berjalan dan menyadari bahwa berat tubuh tak berkurang. Mungkin ada beberapa perubahan yang dapat Anda lakukan untuk membakar lemak. Berikut ini beberapa alasan mengapa berat badan anda tidak kunjung turun dkutip dari Pop Sugar.

1. Tidak Berjalan Cukup Cepat

The American Heart Association (AHA) merekomendasikan minimal 30 menit aktivitas aerobik intensitas sedang selama minimal lima hari sepekan. “Agar latihan dianggap sebagai intensitas sedang, pernapasan harus berat dan pembicaraan harus sulit,” ucap personal trainer Chris Kelly, NASM, CPT, CF, LI.

Salah satu cara Anda dapat melacak intensitas adalah dengan Rate of Perceived Exertion (RPE). Pada skala 1 hingga 10, Anda harus merasa seperti berada dalam rentang 4 hingga 6.

2. Tidak Berjalan Cukup Jauh

Seperti kata AHA, 30 menit adalah waktu minimum yang dihabiskan untuk bekerja. Jika Anda tidak memiliki setengah jam untuk berolahraga sekaligus, cobalah sesekali. Anda masih dapat merasakan manfaat kesehatan dengan membagi waktu latihan Anda sepanjang hari.

3. Berjalan dengan kecepatan yang sama

Berjalan dengan kecepatan yang sama dapat membuat tubuh Anda menjadi rutin dan membuat hasil yang baik.“Telah terbukti bahwa Pelatihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT) memiliki manfaat kesehatan dan dapat berkontribusi terhadap penurunan berat badan,” kata Kelly. 

Anda juga dapat mencoba bergantian dengan jenis jalan yang Anda ambil. Suatu hari, jalan-jalan singkat, jalan cepat, dan berikutnya, coba lebih lama, lebih lambat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement