Kamis 18 Oct 2018 08:26 WIB

Makna Hari Pangan, Lakukan Ini untuk Hindari Pemborosan

50 persen makanan dunia terbuang sia-sia sepanjang tahun lalu

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pengaruh Pengauatan Dolar AS. Pengunjung memilih barang di pusat perbelanjaan hypermart, Jakarta, Rabu (11/9).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ibu memasak di dapur

4. Memahami tanggal kedaluwarsa

Lihatlah tanggal kedaluwarsa di toko dan pilih item dengan umur simpan yang lebih lama. Membaca label sebelum membeli makanan akan membantu menghindari pemborosan makanan.

5. Simpan makanan di tempat yang tepat

Penyimpanan yang salah bisa menambah limbah makanan dalam jumlah besar. Menurut berbagai penelitian, dua pertiga limbah rumah tangga adalah karena pembusukan makanan.

Sebagian besar orang tidak mengetahui tentang teknik penyimpanan yang benar. Pastikan barang kering disimpan dalam wadah kedap udara untuk menghindari kelembaban, membekukan sisa makanan dan menyimpan buah dan sayuran di kantong kunci zip yang terpisah untuk membuatnya bertahan lama.

6. Coba pengalengan dan pengawetan

Pengalengan, pengeringan, pengawetan, fermentasi dan pembekuan adalah cara yang bagus untuk mengawetkan makanan dan meningkatkan umur simpannya, sehingga mengurangi limbah.

7. Jadilah kreatif di dapur

Salah satu hal terbaik tentang memasak makanan Anda sendiri adalah Anda dapat mengubah resep dengan mengganti apa yang ada di kulkas Anda untuk barang-barang serupa dalam resep. Ini benar-benar dapat membantu mencegah banyak pemborosan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement