Rabu 10 Oct 2018 14:29 WIB

Membangun Kesadaran Seksual yang Sehat Bagi Anak

Orang tua perlu membangun komunikasi yang intens soal seksualitas sejak dini

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pendidikan pengenalan organ seksual harus mempertimbangkan berbagai unsur dan norma.
Foto:
Pendidikan seks (ilustrasi)

Anda perlu memulai dengan dasar-dasar yang dimulai ketika anak-anak muda, kata hubungan holistik dan pelatih seksualitas Emily Dixon. Beri nama alat kelamin mereka dengan benar sebut saja penis atau vagina dan hindari penilaian ketika anak-anak datang kepada Anda dengan pertanyaan tentang seksualitas.

“Sangat mudah untuk mempermalukan seorang anak di sekitar seksualitas hanya dengan merasa tidak nyaman dan menghindar, terutama jika anak Anda memiliki orientasi gender atau seksual yang berbeda,” kata Dixon.

“Bahkan jika Anda tidak nyaman mengetahui apa yang terjadi dalam perkembangan seksual anak Anda atau kelompok sebaya, ajukan pertanyaan dengan pikiran terbuka, dan dengarkan.”

Hal yang sama berlaku untuk remaja, tetapi Anda harus sedikit lebih eksplisit dan jujur tentang apa yang mungkin mereka lihat, dan Anda akan ingin memberikan contoh yang baik dan buruk, kata Date Safe Project founder, Mike Dormitrz. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk melibatkan mereka dalam percakapan, cobalah bersama-sama menuliskan beberapa cara teman dapat memengaruhi kehidupan kencan anak Anda. Kemudian bekerja bersama untuk membahas bagaimana Anda dapat menggagalkan pengaruh buruk tersebut.

Meskipun mungkin sulit, membangun fondasi yang kuat dari kesadaran seksual, pengetahuan, dan pemberdayaan untuk anak Anda adalah sesuatu yang Anda dan mereka dapat lakukan sebagai sebuah tim. Semakin Anda berdua berbicara tentang seks, semakin mudah itu akan terjadi. Anak Anda tidak hanya akan mendapat manfaat besar dari kesediaan Anda untuk membimbing mereka ketika mereka menavigasi bagian intim dari kehidupan mereka tetapi Anda akan lebih dekat satu sama lain sebagai hasilnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement