Kamis 04 Oct 2018 11:33 WIB

Makanan untuk Turunkan Kadar Estrogen pada Pria

Estrogen yang terlalu tinggi pada pria memicu obesitas dan depresi.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Angkat Beban
Angkat Beban

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Hormon punya peran sebagai pembawa pesan dalam tubuh. Hormon berkontribusi penting dalam mengontrol libido, mood, kesehatan, kesuburan, dan fungsi tubuh lainnya. Banyak orang mengira estrogen adalah hormon yang hanya dimiliki kaum hawa. 

Padahal, baik pria maupun wanita sama-sama memproduksi estrogen. Namun, jika kadar estrogen pada pria terlalu tinggi, kondisi tersebut bisa mengganggu kesehatan. Ada yang menganggap kelebihan estrogen pada pria akan menyebabkan rendahnya hormon testosteron. Anggapan itu hanya mitos belaka. Perlu Anda ketahui, kerja estrogen dan testosteron tidak saling melemahkan. 

Dilansir dari laman Medical News, estrogen termasuk hormon vital pada pria. Fungsi estrogen menjangkau seluruh tubuh, antara lain, menjaga kesehatan otak, jantung, tulang, otot, hingga sistem imun. Akan tetapi, jika level estrogen pada pria terlalu tinggi, bisa memicu obesitas dan depresi.

Sejumlah studi meneliti makanan apa saja yang perlu dikonsumsi apabila seorang pria kelebihan hormon estrogen. Sederet makanan tersebut diyakini mampu menurunkan hormon estrogen. Berikut beberapa makanan yang mampu menekan kadar estrogen. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement