Rabu 03 Oct 2018 19:48 WIB

Ketahui Masalah Kesehatan dari Kondisi Rambut

Beruban di bawah usia 35 tahun dinilai pertanda tubuh kekurangan vitamin B

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Rambut Rontok (ilustrasi)
Foto: Huffingtonpost
Rambut Rontok (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rambut bukan hanya sebagai mahkota, baik perempuan atau pun laki-laki. Dari rambut kita juga bisa melihat kondisi kesehatan seseorang. Artinya, rambut rontok bisa menandakan seseorang sedang mengalami permasalahan kesehatan yang lebih serius.

"Kondisi rambut dan kesehatan memiliki keterkaitan yang sangat besar, hal ini karena sirkulasimikro rambut tergantung dari kestablian hormon dan nutrisi yang terserap dalam tubuh," kata Dr Kiran Lohia, direktur medis Lumiere Dermatology Delhi, dikutip dari Femina.In.

Singkatnya, kondisi rambut menjadi salah satu sinyal untuk memutuskan langkah kesehatan apa yang harus diambil. 

Rambut rontok

Rambut rontok adalah permasalahan utama yang sering dikeluhkan banyak orang khususnya perempuan. Pada dasarnya, rambut rontok normal dialami oleh setiap orang, namun batas normalnya hanya 50-100 helai per hari. Jika lebih dari itu, mungkin ada penyakit lain yang harus diwaspadai.

Ada beberapa faktor terjadinya rambut rontok, bisa jadi karena keturunan, permasalahan tiroid hingga stres. Rambut rontok juga dikaitkan dengan kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi bisa sebabkan kerontokan rambut meski level hemoglobin normal.

Kulit kepala gatal

Kulit kepala yang gatal menandakan rendahnya tingkat sebum. Kondisi ini mengindikasi penyakit kulit seperti eczema atau psoriasis. Penyebabnya bisa karena stres, kelelahan atau alergi terhadap kandungan tertentu dalam produk perawatan rambut dan kulit kepala. 

Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya segera konsultasikan dengan dermatolog. Sebabnya, ada ratusan penyakit kulit kepala yang mungkin menjadi pemicu permasalahan gatal-gatal ini. 

Rambut bercabang

Rambut bercabang bisa menjadi salah satu tanda seseorang kekurangan keratin. Ini bisa terjadi karena rambut sering mendapatkan treatment yang menggunakan pemanas seperti pengering rambut atau alat catok sehingga rambut menjadi trauma. 

Beruban di usia muda

Rambut beruban atau memutih adalah efek dari rendahnya tingkat melanin. Melanin adalah pigmen yang memberikan warna pada rambut. Normalnya uban baru akan muncul menjelang usia 50 tahun. Jika uban telah muncul di bawah usia 35 tahun, maka bisa jadi seseorang tersebut mengalami kekurangan vitamin B.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement