Rabu 03 Oct 2018 08:42 WIB

Makan Pisang Tiga Kali Sepekan Buat Tubuh Lebih Sehat

Pisang berkhasiat mengurangi risiko kanker dan tekanan darah tinggi.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Buah pisang.
Foto: Reuters
Buah pisang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar gizi mengungkap cara sederhana untuk hidup lebih sehat dan menghindarkan kematian dini. Selain menjaga pola makan sehat dan rutin olahraga, makan pisang antara tiga sampai empat buah dalam sepekan juga akan membantu.

Hal itu disampaikan ahli diet Juliette Kellow dan ahli gizi Dr Sarah Brewer. Mereka memaparkan efek tersebut lewat buku yang ditulis bersama, berjudul "Eat Better Live Longer - Understand What Your Body Needs to Stay Healthy".

Baca Juga

Pasalnya, buah pisang berkhasiat menurunkan risiko kanker serta tekanan darah tinggi. Pisang juga kaya potasium, yang juga kerap disebut kalium, kandungan mineral untuk mengurangi kemungkinan terkena kanker ginjal.

"Baik itu pisang yang masih sedikit hijau atau kuning berbintik-bintik, semuanya tetap merupakan sumber karbohidrat yang baik, bahan bakar untuk otak dan otot," ujar Kellow dan Brewer, dikutip dari laman Express.

Kandungan sehat lain dalam pisang yaitu triptofan dan vitamin B6 yang dibutuhkan untuk produksi serotonin. Rendahnya kadar serotonin telah dikaitkan dengan depresi, sementara jumlah tinggi dari bahan kimia itu dapat melindungi kesehatan mental.

Konsumsi pisang juga bisa menjaga dari makan berlebihan karena membuat perut kenyang lebih lama berkat serat yang disebut pektin. Buah lezat ini juga membantu menjaga suasana hati, melancarkan proses pencernaan, dan menstabilkan tekanan darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement