Senin 01 Oct 2018 13:57 WIB

Cara Sederhana Cegah Penyakit Degenerasi di Hari Tua

Blueberry merupakan salah satu bentuk buah antioksidan terkaya.

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Blueberry.
Foto: pixabay
Blueberry.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak cara untuk meningkatkan kesehatan. Beberapa kebiasaan sederhana sering kali terlupakan demi menunjang gaya hidup sehat. Dilansir melalui Reader's Digest, ada kebiasaan sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit tertentu yang kerap datang di hari tua.

Jenis penyakit tertentu, seperti degenerasi makular yang berkaitan dengan usia (ARMD), katarak, glaukoma, penyakit mata kering ternyata bisa dicegah hingga batas waktu tertentu. Seseorang bisa melakukan beberapa cara sederhana untuk membuat penyakit tersebut datang tidak tepat waktu.

Baca Juga

Mencampurkan buah blueberry ke dalam makanan ternyata cukup bermanfaat. Blueberry merupakan salah satu bentuk buah antioksidan terkaya. Pada sebuah penelitian yang diterbitkan di dalam The Archives of Ophthalmology menemukan bahwa wanita dan pria yang makan buah dalam jumlah besar bisa mengurangi risiko terkena ARMD penyebab utama kebutaan.

Kemudian menambahkan selai blueberry pada roti panggang di pagi hari juga bisa menjadi pilihan. Blueberry bisa menjadi suplemen setiap pagi. Buah yang mengandung senyawa anthocynosides tersebut mampu melindungi retina terhadap degernari makula.

Memasak dengan bawang merah juga lebih disarankan. Bawang merah mengandung lebih banyak quercetin, yakni sejenis anti oksidan yang bisa melindungi mata dari katarak.

Selain blueberry, bayam juga baik dikonsumsi sebanyak dua kali dalam seminggu. Bayam olahan, seperti quiche bayam, bayam kukus, atau bayam tumis memakai minyak zaitun, bawang putih, dan kismis bisa dicoba. Apapun jenis makanan yang diolah pastikan bayam di dalamnya.

Studi menemukan bahwa bayam mempunyai kandungan melimpah terhadap lutein. Senyawa ini mampu mencegah degenerasi makula terkait usia dan katarak. Idealnya, lutein biasa didapatkan dalam kombinasi beberapa bentuk lemak. Salah satunya minyak zaitun yang bekerja dengan baik, dan melakukan penyerapan dengan baik di dalam tubuh.

Kemudian sebuah kebiasaan saat berada di dalam kendaraan juga bisa dilakukan. Salah satunya dengan mengarahkan ventilasi atau AC ke arah kaki. Udara yang kering dan ber-AC akan menghisap uap air pada mata seperti spons. Mengenakan kaca mata hitam sebagai pelindung juga disarankan. Mata kering bisa membuat ketidaknyamanan hingga lecet serius pada kornea.

Apabila sering berada di depan layar komputer sebaiknya arahkan di bawah pandangan mata. Hal tersebut akan membuat mata sedikit tertutup saat menatap komputer. Posisi tersebut bisa meminimalkan penguapan cairan dan risiko sindrom mata kering.

Mengonsumsi multivitamin setiap hari juga dianjurkan. Sebuah penelitian besar menunjukkan bahwa setiap orang di Amerika berisiko mengalami degenrasi makula terkait usia mengonsumsi suplemen harian berupa vitamin dan seng antioksidan. Lebih dari 300 ribu orang dapat menghindari kehilangan penglihatan terkait ARMD selama lima tahun ke depan.

Penelitian lain juga menyebutkan, wanita yang mengonsumsi suplemen vitamin C setidaknya selama 10 tahun mempunyai 77 persen kemungkinan lebih rendah memiliki tanda-tanda awal katarak dibandingkan mereka yang tidak. Paling tidak, minumlah sekitar 150 mg vitamin C setiap hari. Pastikan menghindari kesalahan konsumsi vitamin bagi tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement