Kamis 27 Sep 2018 17:03 WIB

Lima Minuman yang Bisa Atasi Dehidrasi Selain Air Putih

Air berkafein ternyata menjadi salah satu pilihan atasi dehidrasi.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Air kelapa
Foto: flickr
Air kelapa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meminum banyak air sangat diperlukan untuk tubuh. Itu anjuran yang selalu digaungkan. Terkadang dalam satu hari bila konsumsi air tidak terpenuhi, apa yang mesti dilakukan?

Ketika tubuh kekurangan cairan, tanda-tanda dehidrasi pasti akan datang. Sakit kepala, mulut kering, dan kencing berwarna kuning bisa menjadi tanda yang diperhatikan dan meminum air menjadi solusi.

“Kami tidak pernah ingin menunggu untuk merasa haus untuk minum, pada kenyataannya, sensasi merasa haus sudah menjadi indikator akhir dari dehidrasi,” kata ahli diet di rumah di Beachbody Ilana Muhlstein, MS, RDN, dikutip dari wellandgood, Kamis (27/9).

Muhlstein menyarankan agar meminum air terlebih dahulu sebelum memulai makan. Hal ini menghindari dehidrasi berlebihan, dan kebutuhan akan air akan lebih meningkat ketika kegiatan fisik bertambah. “Kebutuhan air seseorang akan meningkat dengan olahraga, keringat, stres, dan asupan garam dan protein yang meningkat,” ujar Muhlstein.

Namun, air putih bukan satu-satunya cairan yang bisa menghilangkan dehidrasi. Beberapa jenis minuman lain bisa meningkatkan hidrasi secara cepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement