Rabu 26 Sep 2018 13:10 WIB

Ragam Pendamping untuk Salad yang Lebih Mengenyangkan

Menambahkan kacang-kacangan ke atas salad sama dengan memberi asupan protein.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Salad sayuran.
Foto: AP
Salad sayuran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salad sehat itu penuh dengan sayuran dan rendah kalori. Sayangnya pikiran kerap mengganggap semangkuk sayuran tidak akan mengenyangkan.

Khawatir makan salad tetap membuat perut masih lapar? Coba tambahkan kacang-kacangan ke semangkuk salad. Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan paling bergizi serta memuaskan. Pilihannya beragam mulai dari kacang merah hingga kacang hitam.

Baca Juga

Sering kali menemukan crouton atau sepotong roti tumis yang sering potong dadu dan dibumbui dalam sebuah salad? Supaya lebih sehat, potongan roti bisa diganti dengan kacang, buncis atau foxnuts.

Bisa juga memasukkan almond, bahkan biji bunga matahari untuk semua jenis salad. Hanya satu sendok makan almond memiliki dua gram protein, cukup untuk fungsi jantung yang sehat.

Kacang-kacangan dikemas dengan lebih banyak protein dan meningkatkan nilai gizi dalam salad. Namun, ternyata ada bahan lain yang bisa ditambahkan.

Contoh saja dengan menambahkan biji chia ke saus salad akan menambah kerenyahan yang dibutuhkan tanpa mengubah rasanya. Jenis ini dikemas dengan jumlah serat yang tepat, protein, dan mengurangi kolesterol.

Kalau ingin tambahan lain yang lebih terlihat menjanjikan, cobalah untuk menambahkan hummus.  Makanan yang banyak dikenal di daratan Timur Tengah ini sangat baik sebagai pengganti lemak, cuka berkalori, dan dressing dari mayones, dilansir dari Times of India.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement