Kamis 24 May 2018 08:50 WIB

Sudah Sehatkah Salad Buatan Anda?

Saus di atas salad kerap menjadi sumber masalah tersendiri.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Salad sayuran.
Foto: AP
Salad sayuran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah salad yang Anda buat benar-benar pilihan sehat? Itu bergantung pada apa yang Anda tambahkan ke dalamnya. Tepung yang tepat misalnya dapat menciptakan makanan yang mengandung banyak vitamin, mineral, protein, lemak sehat, dan karbohidrat terbaik. Sayangnya ada pula bahan lain yang justru mengemas ekstra kalori, lemak, garam, dan gula.

Berikut bahasan satu per satu contoh salad terburuk yang mungkin tanpa sengaja Anda sajikan dalam pola diet harian, seperti dilansir dari Web MD, Kamis (24/5).

Salad dengan creamy dressing

Dressing keju pada salad bisa saja tinggi kalori, lemak jenuh tidak sehat, dan garam. Banyak orang menambahkan keju ke dalam saladnya yang akhirnya menyajikan lebih banyak lemak dibanding cheeseburger dan kentang goreng.

Salad dengan dressing saus

Anda mungkin memilih saus rendah kalori yang dianggap bebas lemak. Pikirkan lagi pilihan ini. Untuk menebus rasa yang hilang, biasanya saus semacam ini sering ditambahkan gula dan garam dalam proses produksinya.

Lemak membuat salad lebih enak dan sehat. Tubuh Anda membutuhkannya untuk mengolah vitamin tertentu, seperti A, D, E, dan K. Sebuah studi menemukan orang-orang yang mendapatkan lebih sedikit antioksidan atau karotenoid sering kali makan salad dengan saus.

Salad ayam crispy

Salad hijau dengan ayam mungkin terdengar seperti makanan sehat, tetapi deskripsi ayam crispy di sini berarti lampu merah. Kata-kata ini adalah kode bahwa ayam tersebut dilapisi tepung roti dan digoreng yang tentu saja mengubah salad yang tadinya sehat menjadi bom kalori. Penelitian menunjukkan seseorang banyak makan gorengan meningkatkan kemungkinan penyakit jantung dan diabetes tipe-2.

Baca juga: 8 Buah dan Sayur Paling Terkontaminasi Pestisida

Buah kering, kacang, dan manisan

Topping manis sering dibuat gula dan minyak tambahan. Sebagai contoh, satu ons manisan pecan dikemas dengan sesendok gula. Buah kering memiliki air lebih sedikit dan volumenya lebih kecil ketimbang buah segar. Itu berarti seporsi buah kering sama halnya Anda mengonsumsi setengah cangkir buah segar saja.

Taco salad

Taco salad mengandung lebih banyak kalori daripada burrito. Itu karena taco salad mengandung tortilla goreng. Mangkuknya yang bisa dimakan mengandung hampir 400 kalori dan 22 gram lemak. Isinya adalah daging sapi, krim asam, keju, dan guacamole. Salad ini bisa mengandung 800 kalori atau lebih.

Salad dengan mayones

Kata salad bukan berarti membuat sajian makan Anda menjadi sehat. Tuna, ayam tanpa lemak, dan telur rebus bisa menjadi protein terbaik, akan tetapi semua berubah menjadi buruk ketika Anda menyajikannya dengan mayones yang penuh lemak, garam, dan kalori.

Untuk versi lebih baik, gunakan sedikit saja mayones dan krim asam bebas lemak atau yogurt biasa. Anda juga bisa menambahkan sedikit mustar yang tidak mengandung lemak atau sejumput gula.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement