Kamis 24 May 2018 09:03 WIB

Salad Bisa Sehat Bila Disajikan dengan Benar

Gunakan bahan alami dan protein yang dipanggang untuk taburan salad.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Salad dengan sayuran mentimun dan buah jeruk serta udang bisa jadi inspirasi makan sehat.
Foto: AP
Salad dengan sayuran mentimun dan buah jeruk serta udang bisa jadi inspirasi makan sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salad dikatakan sehat bergantung pada apa yang Anda tambahkan ke dalamnya. Tepung yang tepat misalnya dapat menciptakan makanan yang mengandung banyak vitamin, mineral, protein, lemak sehat, dan karbohidrat terbaik.

Sayangnya ada pula bahan lain yang justru mengemas ekstra kalori, lemak, garam, dan gula. Berikut beberapa salad terbaik yang bisa menjadi bahan contekan Anda esok hari untuk meracik salad, seperti dilansir dari Web MD, Kamis (24/5).

Gunakan minyak zaitun dan cuka

Buat saus salad sendiri, sehingga Anda bisa mengurangi risiko kesehatan. Mulailah dengan minyak zaitun dengan lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung. Aduk dengan balsamic, lemon, atau jeruk nipis. Anda bisa menambahkan mustar atau madu untuk memperkuat rasanya, bisa juga ditaburi lada hitam.

Tambahkan ayam panggang atau ikan

Salad sayuran saja tidak membuat Anda kenyang. Tubuh membutuh protein untuk menangkis rasa lapar. Protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga Anda kenyang lebih lama.

Sumber protein terbaik adalah dada ayam (27 gram), salmon (21 gram), dan udang (19 gram). Pastikan protein itu dipanggang atau direbus. Beberapa metode memasak, seperti digoreng, ditambah mentega, atau minyak goreng kurang bagus.

Salad bayam atau kale

Saat memilih sayuran hijau, semakin gelap semakin baik. Sayuran berdaun gelap memiliki nutrisi paling banyak. Kale dan bayam 10 kali lebih baik meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin A dan C ketimbang selada hijau.

Anda tidak menyukai bayam? Pilih selada air, arugula, boston, bibb, dan romaine lettuces yang rasanya lebih ringan.

Salad penuh sayuran

Tambahkan campuran sayuran ke dalam salad Anda untuk mendapat lebih banyak nutrisi dan rasa. Buat sayuran hijau dengan rasa renyah, seperti mentimun, brokoli, campur wortel. Tambahkan tomat, paprika, bit, atau bawang merah.

Gunakan buah segar dan kacang

Buah menambah rasa manis dan antioksidan. Kacang memberi Anda protein, serat, dan lemak sehat. Campuran kedua nutrisi ini sehingga salad Anda lebih memuaskan dan sehat.

Penelitian menunjukkan makan kacang secara teratur dapat menangkis penyakit jantung dan kanker. Anda bisa memasangkan buah beri dan almon, apel dengan kenari, dan persik dengan pecan.

Salad kacang hitam dan alpukat

Kacang-kacangan merupakan sumber antioksidan, penangkal penyakit, dan mengandung protein, serta sumber energi. Alpukat bisa menjadi pengganti krim pada salad dan tentunya sumber serat. Plus, lemak alpukat memberi nutrisi lycopene yang menyehatkan jantung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement