Rabu 26 Sep 2018 02:40 WIB

Tepat Memilih Produk untuk Kulit Sensitif

Salah memilih produk bisa menyebabkan permasalahan serius.

Rep: retno wulandhari/ Red: Dwi Murdaningsih
Kulit wajah merupakan kulit yang paling penting untuk dirawat.
Foto: Republika/Prayogi
Kulit wajah merupakan kulit yang paling penting untuk dirawat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hal pertama yang harus diperhatikan saat akan membeli produk kosmetik adalah jenis kulit. Tidak semua produk kecantikan aman dan cocok untuk kulit wajah. Salah memilih produk bisa menyebabkan permasalahan serius mulai dari jerawat hingga iritasi.

Oleh karena itu, mengenali jenis kulit sangatlah penting. Utamanya bagi yang memiliki kulit sensitif, ada beberapa tips yang perlu diingat saat membeli produk perawatan maupun kosmetik, dilansir dari Femina.in.

4 Manfaat Unik Es Batu untuk Kulit Wajah

Hindari produk dengan wewangian

Produk yang tidak terlalu wangi atau tanpa aroma sekalipun jauh lebih baik bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Selain itu, hindari pula produk yang mengandung alkohol, retinoid, asam alfa hidroksi, atau pun bahan antibakteri. Semua kandungan ini cenderung keras untuk kulit sensitif.

Pilih bahan alami

Pilih produk yang diformulasikan dengan bahan alami seperti Aloe Vera atau minyak Argan di dalamnya. Bedak wajah adalah salah satu produk yang selalu aman digunakan pada kulit sensitif karena karena kadar pengawetnya lebih sedikit dan tidak mengiritasi kulit.

 

Perhatikan kandungan

Jika Anda berencana membeli alas bedak atau foundation, pilihlah yang menggunakan bahan dasar silikon karena lebih aman pada kulit sensitif. Hindari pula kosmetik yang tahan air karena tekstur yang kuat akan membuatnya sulit dihapus dari wajah.

Perhatikan tanggal kadaluarsa

Satu hal yang tidak boleh diabaikan yaitu tanggal kadaluarsa produk.

Jangan pernah menggunakan kosmetik yang melampaui tanggal kedaluarsa karena bisa menyebabkan permasalahan serius pada wajah.

Coba terlebih dahulu

Sebelum menjatuhkan pilihan, selalu cobakan produk yang akan dibeli terlebih dahulu. Cobakan produk di area belakang telinga, jika tidak terjadi iritasi selama tujuh hari, maka Anda bisa mencobanya di wajah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement