Selasa 25 Sep 2018 10:08 WIB

Jangan Sekali-Sekali Mencuci Ikan Sebelum Dimasak

Cipratan dari daging mentah bisa menjadi bakteri yang membahayakan.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Ikan yang akan dimasak.
Foto: Free stock photo
Ikan yang akan dimasak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kita mungkin sudah sering mendengar saran untuk mencuci terlebih dahulu bahan-bahan yang akan dimasak. Mencuci bisa melenyapkan kotoran dan kandungan racun yang menempel pada bahan makanan. Untuk beberapa bahan, aturan tersebut bisa diterapkan.

Akan tetapi, tahukah anda tidak semua bahan makanan boleh dicuci sebelum dimasak? Jika dicuci, bukan bahan makanan bersih yang kita dapat melainkan tambahan racun. Dilansir dari Insider, berikut beberapa bahan makanan yang pantang dicuci beserta alasannya.

Baca Juga

Jamur

Membilas jamur dengan air sama saja merusak cita rasanya. Jamur bersifat mudah menyerap air dan nyaris tidak bisa dikeringkan setelah dicuci. Mencuci jamur akan membuat kandungan airnya bertambah sehingga ketika dimasak kelezatan jamur akan berkurang. Jika jamur terlihat kotor, cukup membersihkannya dengan lap kering dan tepuk-tepuk jamur sampai kotorannya hilang.

Daging ayam

Jangan dikira mencuci daging ayam akan membuatnya bersih. Membilas daging ayam mentah dengan air justru  dapat meningkatkan kandungan racun dalam daging. Selain itu, mencuci daging ayam mentah sama dengan menyebarkan bakteri ke seluruh dapur.

"Cipratan dan tetesan air dari daging ayam bisa mengontaminasi permukaan yang bersih," kata Eric Sieden, Direktur Nutrisi dan Layanan Makanan di Glen Cove, Plainview, and Syosset Hospital. Eric menegaskan satu-satunya cara membersihkan bakteri dari daging ayam adalah dengan memasaknya.

Ikan mentah

Jangan sekali-sekali mencuci ikan mentah sebelum dimasak. Alasannya sama dengan larangan mencuci daging ayam mentah. Sebelum dimasak, bersihkan kotoran pada ikan tanpa menggunakan air.

Daging merah

Jauhkan daging merah dari air sebelum dimasak. Membasuh daging sebelum dimasak dapat mengurangi kualitas daging tersebut. "Paparan air pada daging akan membuat daging lebih lembab dan memengaruhi rasanya," jelas Eric kepada Reader's Digest. Untuk membersihkan daging merah, cukup gunakan lap kering. Cara ini sekaligus akan mengurangi kelembaban pada daging.

Pasta

Bagi gemar pasta, ingatlah untuk tidak mencuci pasta sebelum atau sesudah dimasak. Beberapa orang mencuci pasta sebelum dimasak dengan tujuan agar pasta bersih. Akan tetapi, langkah ini malah akan menghilangkan zat tepung di bagian luar pasta.

Zat tepung tersebut berfungsi sebagai pemberi rasa sekaligus pelekat agar saus mau menempel pada pasta. Jadi, jika anda menginginkan pasta yang nikmat jangan mencucinya sebelum dimasak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement