Rabu 19 Sep 2018 13:18 WIB

Anda Lapar Terus? Cara Ini Efektif Pertahankan Rasa Kenyang

Rasa lapar terus menerus bisa disebabkan berbagai alasan.

Red: Nur Aini
Lapar (Ilustrasi)
Foto: Health
Lapar (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernahkah Anda merasa lapar terus-menerus? Hal itu bisa disebabkan oleh berbagai alasan mulai dari stres, kurang minum air, kurang tidur hingga masalah kesehatan lain. Namun, makan yang berlebihan juga bisa menimbulkan penyakit.

Rasa lapar dikendalikan oleh tiga hormon yakni insulin, ghrelin, dan leptin. Saat Anda tidak makan selama lebih dari 3-4 jam, tingkat insulin menurun karena tidak ada glukosa. Saat ini terjadi, ghrelin akan disekresikan di dalam tubuh untuk memicu rasa lapar.

Setelah kita makan, kadar gula dalam tubuh memicu hormon leptin yang menahan rasa lapar. Hormon leptin berperan dalam menghentikan rasa lapar dan mengendalikan massa tubuh, tetapi jika Anda makan berlebihan, itu mengarah ke resistensi leptin dan Anda terus makan berlebihan.

Lapar ada dua jenis, yaitu fisik dan mental. Ketika Anda merasa lapar karena kurangnya gula darah, itu disebut rasa lapar fisik, tetapi ketika Anda masih merasa lapar meski makan dengan baik karena faktor emosional, itu disebut lapar mental. Hal yang terakhir membuat Anda makan berlebihan dan memicu masalah seperti obesitas dan penyakit yang terkait dengannya.

Untuk itu, Anda perlu mengontrol rasa lapar melalui beberapa cara berikut ini, seperti dilansir Boldsky, Rabu (19/9).

1. Buat rencana dan tetap fokus

Saat berencana untuk hidup sehat, Anda harus benar-benar fokus dan disiplin. Anda harus memiliki target dan juga beri tenggat waktu agar selalu termotivasi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement