Jumat 14 Sep 2018 22:59 WIB

Kurang Tidur Mempengaruhi Kenaikan Gula Darah

Kurang tidur mendorong seseorang untuk makan lebih banyak

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Dampak kurang tidur.
Foto: Reuters
Dampak kurang tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ahli memperingatkan bahwa kurang tidur tak hanya berbahaya bagi konsentrasi anda di pagi hari. Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan di American Journal of Physiology Endocrinology and Metabolism, kehilangan enam jam tidur mungkin memiliki efek buruk pada metabolisme. Salah satunya peningkatan risiko diabetes.

Kurangnya tidur dapat merangsang hormon tertentu dalam memodulasi rasa lapar yang akan menyebabkan kita makan lebih banyak ketika kita tidak tidur. Tapi dalam penelitian tersebut, mereka para peneliti belum yakin apakah kurang tidur atau makan berlebihan yang menjadi penyebab utamanya.

Untuk mengetahuinya, peneliti meneliti dua kelompok tikus. Kedua kelompok memiliki akses gratis dan mudah ke air gula dan makanan berlemak selama studi, tetapi satu dapat tidur sebanyak yang mereka inginkan sementara kelompok lain tetap terjaga selama enam jam setiap malam. 

Setelah hanya satu siklus terjaga enam jam, kelompok yang kurang tidur memiliki gula darah yang lebih tinggi dan trigliserida hati yang lebih tinggi, yang merupakan tanda awal diabetes. Enzim yang memodulasi metabolisme juga tidak bekerja dengan cara yang sama setelah kurang tidur, menunjukkan bahwa tidur dapat mengubah kita pada tingkat sel.

Dokter naturopati dan ahli diet terdaftar Jaime Schehr, N.D., menegaskan bahwa dia menyaksikan kekuatan tidur dan ketiadaannya dalam praktiknya berkali-kali. "Saya menemukan bahwa memperbaiki kebiasaan tidur adalah langkah penting bagi pasien yang telah mencapai dataran tinggi berat badan," katanya seperti yang dilansir dari Mindbodygreen

"Ini juga berlaku untuk orang yang melaporkan kenaikan berat badan tanpa perubahan besar dalam makanan mereka. Ada faktor lain yang berperan, untuk memastikan, tetapi ketika kita dapat meningkatkan kualitas tidur, hampir selalu meningkatkan penurunan berat badan."

Jika ini terdengar ekstrem, ingat bahwa ini adalah penelitian yang dilakukan pada tikus dan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memahami implikasi rumit yang mungkin ada pada manusia. Tapi tidak ada salahnya kita mencegah daripada mengobati, bukan?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement