Ahad 09 Sep 2018 16:29 WIB

Air Lemon Sembuhkan Sakit Mag Ternyata Hoaks

Ketika asam lambung tinggi diberi air lemon akan memperburuk keadaan.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Gita Amanda
Lemon.
Foto: ist
Lemon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siapa yang percaya air lemon bisa menyembuhkan masalah lambung seperti mag? Percaya atau tidak, anjuran tersebut nyatanya tak sepenuhnya benar.

Prof Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH mengatakan, hoaks seputar air lemon ini sangat menyesatkan. Hampir setiap praktik, ada satu pasien yang menanyakan tentang manfaat air lemon untuk menyembuhkan penyakit maag.

"Hoaks ini orang sakit mag dianjurkan minum air lemon," ujar staf pengajar Ilmu Penyakit Dalam di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Ari menjelaskan, masalah mag ini sering kali dipukul rata untuk setiap pasien. Padahal, banyak yang merasakan sakit di bagian lambung, namun, dia hanya dispepsia atau masalah peradangan di lambung.

Masalah dispepsia ini hampir 60 hingga 70 persen berkenaan dengan kondisi fungsional. Artinya, dengan meminum air putih yang cukup masalah akan terselesaikan. "Minum air putih cukup saja akan membaik, apalagi kalau minum air lemon, akan lebih bagus kan," ujar Prof Ari.

Tapi, berbeda dengan orang yang bermasalah dengan asam lambung. Ketika asam lambung PH lebih tinggi dari normal atau lebih banyak, maka diberi air lemon akan memburuknya. Sebab itu, air lemon justru akan memperburuk keadaan orang dengan penyakit maag.

"Kalau lambungnya ada yang luka, ya, ini kelojotanlah," kata konsultan Gastroenterologi ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement