Sabtu 08 Sep 2018 12:35 WIB

10 Alasan Anda Alami Sakit Punggung

Mengenakan sepatu yang salah bisa menganggu tulang belakang

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Sakit punggung/ilustrasi
Foto: glasshospital
Sakit punggung/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tulang belakang adalah bagian yang sangat penting dari tubuh kita. Alasannya karena tulang belakang membantu berdiri tegak, menanggung berat badan, mendukung punggung, mengaktifkan gerakan fleksibel dan melindungi sumsum tulang belakang. 

Terkadang, melakukan tugas sehari-hari tertentu dapat merusak tulang belakang Anda dan Anda mungkin bahkan tidak mengetahuinya. Nyeri punggung biasanya terasa ketika tulang belakang Anda terluka atau ada cedera pada otot dan ligamen yang mendukung tulang belakang. Kondisi lain seperti osteoporosis, osteoartritis, stenosis tulang belakang, fibromyalgia juga bisa menyebabkan sakit punggung. Berikut telah kami lansir dari Bolsdky kebiasaan sehari-hari yang bisa saja membuat tulang belakang anda cedera

1. Latihan beban 

Latihan menahan beban membantu meningkatkan kepadatan tulang dari tulang belakang dan memperkuat otot-otot di sekitar punggung dan tulang belakang. Tetapi, jika Anda melakukan terlalu banyak latihan menahan beban, itu dapat memperburuk punggung Anda 

2. Postur yang buruk

Postur tubuh yang buruk dapat merusak tulang belakang dengan menyebabkan misalignment tulang belakang Anda. Seperti duduk dan berdiri yang tidak tegak dan benar. 

3. Cara Anda memegang telepon seluler 

Ketika Anda menatap layar ponsel Anda dan membungkuk, postur depan-kepala menyebabkan tulang belakang atas ke posisi over-flexed yang pada gilirannya memadatkan cakram tulang belakang dari waktu ke waktu.

4. Merokok 

Merokok adalah kebiasaan sehari-hari yang juga dapat merusak tulang belakang Anda. Ini menyebabkan sakit punggung karena nikotin mengganggu aliran darah normal di sekitar sumsum tulang belakang, sehingga mempengaruhi tulang dan menyebabkan degenerasi.

5. Gangguan ritme sirkadian 

Para ilmuwan percaya bahwa ketika ritme sirkadian Anda terganggu karena penuaan, insomnia dan shift malam, dan sel-sel dalam tulang intervertebral mulai berfungsi dengan buruk yang menyebabkan peradangan kronis, dan membuatnya lebih rentan terhadap perkembangan rasa sakit di punggung bawah.

6. Mengenakan sepatu yang salah 

Mengenakan sepatu yang salah, khususnya sepatu hak tinggi dapat menyebabkan kelengkungan tulang belakang untuk keluar dari keselarasan. 

7. Kurang kalsium 

Jika Anda mengkonsumsi terlalu sedikit kalsium, tubuh dipaksa untuk mengambil kalsium yang tersimpan di tulang dan itu dapat menyebabkan tulang belakang yang melemah. 

8. Terlalu sering duduk

Duduk di kursi untuk waktu yang lama tanpa istirahat sejenak menekan punggung bawah Anda.

9. Obat-obatan 

Obat-obatan tertentu dapat melemahkan tulang, terutama steroid. Semakin banyak steroid yang konsumsi, semakin besar dampaknya pada tulang dan tulang belakang Anda seperti keropos tulang dan patah tulang. 

10. Posisi tidur yang salah

Misalnya, tidur dengan menahan perut dapat buruk untuk kesehatan tulang belakang Anda. Ini memberi tekanan pada lengkungan tulang belakang dan leher Anda yang mengarah ke nyeri sendi, nyeri punggung, dan nyeri leher juga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement