Selasa 04 Sep 2018 12:32 WIB

Hindari Sebaran Bakteri Saat Memasak Ayam

Cara terbaik membersihkan ayam dari bakteri adalah dengan memasaknya matang.

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Memasak ayam.
Foto: Pxhere
Memasak ayam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang mungkin tak tahu cara membersihkan unggas sebelum dimasak. Dilansir melalui Fox News, mencuci ayam ternyata tidak diperkenankan.

Beberapa ahli menyebutkan, mencuci ayam atau unggas sebelum dimasak kerap dilakukan untuk membersihkannya dari kotoran. Namun mencuci ayam justru dapat menyebabkan penyebaran bakteri dan risiko kontaminasi silang.

Ayam mentah penuh dengan bakteri, seperti campylobacter atau salmonella. Mencuci ayam dengan air tidak berpengaruh terhadap bakteri tersebut.

Menurut United Kingdom National Health Service, mencuci ayam justru memperburuk penyebaran bakteri tersebut. Air yang mengalir dan terciprat akan menyebarkan bakteri ke meja, wastafel, atau baju.

USDA menyebutkan, satu-satunya cara terbaik membersihkan ayam dari bakteri adalah dengan memasaknya hingga matang dalam suhu yang tepat. Bahkan aturan tersebut berlaku untuk daging dan ikan. Suhu minimum memasak ayam harus 165 derajat. Permasalahan ini memang masih menjadi perdebatan di beberapa kalangan, termasuk koki profesional.

Chef Julia Child merupakan koki profesional yang mencuci ayam sebelum memasaknya. Namun Chef Ina Garten justru sebaliknya, ia tidak menyarankan mencuci ayam atau daging sebelum dimasak. Pihak Garten mempunyai dukungan sains terkait hal tersebut. Selain berpotensi berbahaya, tidak mencuci ayam sudah menjadi budaya di beberapa negara.

Peneliti Keamanan Makanan Drexel University Jennifer Quinlan mengatakan, sebaiknya mencoba sekali untuk tidak mencuci ayam untuk melihat perbedaannya. Apabila tetap ingin memukul ayam untuk mengempukkan sebelum dimasak, cobalah dilapisi dengan handuk kertas.

Jika tetap ingin mencuci ayam sebelum dimasak, sebaiknya mengambil langkah mendesinfeksi agar tidak terjadi kontaminasi silang. Setelahnya, cuci bersih tangan dan peralatan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement