Senin 31 Jul 2017 06:09 WIB

Jangan Cuci Bahan Makanan Ini Sebelum Dimasak

Bakteri pada ayam bisa menyebar ke seluruh dapur saat mencucinya.

Rep: MGROL 106/ Red: Indira Rezkisari
Ibu memasak untuk keluarganya.
Foto: dok Republika
Ibu memasak untuk keluarganya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mencuci bahan makanan sebelum memasaknya merupakan hal lazim. Betulkah?

Selain untuk membersihkan bahan makanan, mencuci juga bertujuan menghilangkan bakteri-bakteri dalam bahan makanan tersebut. Namun, seperti dilansir dari Reader’s Digest, ada enam bahan makanan yang sebaiknya tidak usah dicuci terlebih dahulu.

Unggas dan Ikan

Siapa sih yang tidak pernah tidak mencuci ayam dan ikan sebelum dimasak? Pasti semua orang selalu mencucinya terlebih dahulu, bahkan direndam selama beberapa jam untuk membersihkannya dari bau amis dan darah yang masih menempel. Tapi ternyata, mencuci kedua jenis bahan makanan tersebut tidak hanya tidak menghilangkan bakteri-bakteri yang menempel, tetapi malah dapat meningkatkan risiko kontaminasi.

“Mencuci ayam mentah di wastafel akan menyebabkan tersebarnya bakteri ke seluruh bagian di dapur. Bahkan sampai ke bagian-bagian dapur yang bersih melalui cipratan dan rembesan air cucian ayam mentah,” kata Direktur Layanan Nutrisi dan Makanan untuk Rumah Sakit Glen Cove, Plainview, dan Syosset di New York, Eric Sieden.

Berdasarkan data dari laman Alodokter, bakteri yang terdapat dalam daging ayam/unggas mentah adalah bakteri Campylobacter. Bakteri tersebut adalah bakteri yang menjadi salah satu penyebab paling umum ketika seseorang mengalami keracunan makanan. Selain bakteri Campylobacter, daging ayam mentah juga berpotensi mengandung bakteri Salmonella, E. Coli, Shigella, dan Enterococcus.

Satu-satunya cara efektif untuk mematikan bakteri bukan dengan mencucinya melainkan dengan memasaknya. Ketika dimasak, pastikan seluruh bagian benar-benar matang dan tidak ada bagian yang masih berwarna merah muda. Hal ini berlaku untuk ikan mentah dan berbagai jenis daging lainnya.

Baca juga: Trik Mengolah Sayuran Beku tanpa Kehilangan Gizinya

Daging Merah

Sama bahayanya dengan mencuci daging unggas dan ikan mentah, mencuci daging merah tidak hanya menyebabkan tersebarnya bakteri, tetapi juga menambahkan kelembapan pada daging ketika mencucinya. Sieden berkata, kelembapan tambahan akibat mencuci daging malah akan menciptakan uap yang akan mempengaruhi rasa.

Apabila kebiasaan untuk mencuci daging sulit dihilangkan tetapi Anda juga ingin mendapatkan kematangan yang sempurna ketika memasak daging, coba menepuk daging tersebut dengan handuk kertas untuk menghilangkan kelembapan. Setelah itu, jangan lupa untuk membersihkan area wastafel dan sekitarnya agar tetap bersih dan terbebas dari kuman.

Jamur

Sama seperti daging, rasa jamur dapat berubah tergantung dari berapa lama waktu jamur terkena air. Menurut Sieden, jamur tidak berbahaya ketika terkena air, kecuali area tempat jamur terkena air terkontaminasi oleh bakteri.

Untuk membersihkan jamur, Sieden berkata bahwa setiap chef pasti akan menyarankan untuk mengelap jamur dengan handuk kertas yang basah. Karena jamur mudah menyerap air, maka lebih baik hindari mencuci jamur agar jamur tidak menjadi lembek dan seperti karet ketika dihidangkan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement