Senin 27 Aug 2018 16:25 WIB

Empat Pilar Utama Mengobati Depresi

Tidur menjadi antidepresan termurah, paling mudah dan paling efektif

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Depresi bisa memunculkan perasaan tidak mampu menjalani kehidupan.
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Depresi bisa memunculkan perasaan tidak mampu menjalani kehidupan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tekanan pekerjaan, beban dan gaya hidup masyarakat modern bisa menjadi pencetus utama depresi. Ahli dari Columbia University, Dr Ellen Vora memiliki tips dan alat yang anda butuhkan untuk membantumu mengatasi hal itu.

Ada empat pilar utama dalam pendekatan Ellen untuk mengobati depresi tanpa obat seperti yang dilansir dari Mindbodygreen. Tentu saja itu awal yang bagus untuk mengatasi depresi.

1. Makanan

Ubah pola makan diri sendiri, sebab makanan yang dikonsumsi mempengaruhi suasana hati. Konsumsi banyak sayur, buah-buahan dan protein yang baik. Jauhi makanan yang berlemak jahat.

2. Tidur

Tidur adalah antidepresan termurah, paling mudah, paling manjur, dan paling efektif kapan pun. Efek sampingnya termasuk rentang hidup yang lebih panjang, suasana hati yang lebih baik, hormon yang seimbang dan penurunan berat badan.

Selain itu tidur yang cukup juga mendorong kekebalan yang lebih kuat, risiko kanker yang lebih rendah, memori yang lebih baik, kreativitas yang lebih baik, dan menjadi orang yang lebih baik. Jadi usahakan tidur dengan waktu yang berkualitas.

3. Olahraga

Lakukan olahraga yang ringan saja, seperti berenang. Sebab olahraga bisa meningkatkan suasana hati anda menjadi lebih baik

4. Kelola Stress

Jika anda hidup dengan stress kronis, ada baiknya untuk mengambil langkah dan mengevaluasi kembali hidup anda. Ambil keputusan untuk membuat apa yang harus diperbuat dan tidak diperbuat. Hal ini agar menghindari stress, karena bisa jadi pemicu stress adalah melakukan hal yang tidak disukai.

5. Pilar tambahan

Jika anda telah mengelola pola makan, tidur, stres, dan olahraga dan tenyata masih menderita depresi, dimensi terakhir untuk penyembuhan depresi adalah memastikan bahwa hidup Anda berada dalam alam dan masyarakat yang positif. Menyatu dengan alam bisa membersihkan isi kepala anda dan membawa dampak yang baik bagi kejiwaan anda.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement