Jumat 24 Aug 2018 19:41 WIB

Cara Cepat Memanjangkan Rambut

Perawatan hingga makanan menjadi faktor rumbut panjang lebih cepat.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Memiliki rambut panjang dan indah menjadi dambaan banyak perempuan.
Foto: dok Republika
Memiliki rambut panjang dan indah menjadi dambaan banyak perempuan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rambut adalah mahkota perempuan. Demikian istilah yang selalu dipakai untuk menggambarkan betapa pentingnya memiliki rambut yang indah bagi seorang perempuan.

Namun potongan rambut yang tidak sesuai harapan sehingga sulit diatur kadang menjadi permasalahan yang cukup memusingkan. Memanjangkan rambut pun akan menjadi solusi yang memakan waktu lama.

Dilansir dari Independent, rata-rata rambut membutuhkan waktu satu tahun untuk menambah panjang sekitar 15 cm. Rata-rata pertumbuhan rambut ini berbeda setiap orangnya tergantung dari ras, genetik, pola makan, hingga tingkat stres.

Satu-satunya cara untuk singkat dan instan untuk mempercepat pertumbuhan rambut yaitu dengan bantuan extension oleh penata rambut. Namun bagi Anda yang ingin menumbuhkan rambut cepat secara alami bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini.

Merawat kulit kepala

Pertumbuhan rambut dimulai dari dalam kulit kepala. Alex Elezis penata rambut ternama dari Aerea Salon New York mengatakan rambut bisa tumbuh cepat dengan cara mengaktifkan kantong rambut.

Caranya yaitu dengan memijat kulit kepala agar aliran darah mengalir ke kantong rambut. Jika pertumbuhan masih lambat, Elezis menyarankan melakukan perawatan rambut menggunakan obat khusus yang dapat mengaktifkan sel darah merah.

Baca juga: Ginekolog Anjurkan tidak Cukur Habis Rambut Bagian Bawah

Gunakan produk yang bisa sehatkan rambut

Sampo, kondisioner, masker hingga perawatan Olaplex dapat membuat rambut sehat dan tumbuh cepat. Meskipun mereka tidak berdampak secara langsung terhadap pertumbuhan rambut, produk rambut bisa membuat rambut lebih kuat.

Makanan sehat dan konsumsi vitamin

Apa yang Anda makan juga akan berdampak terhadap pertumbuhan rambut. Sejumlah makanan tertentu memiliki kemampuan membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

Misalnya mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin D. Kandungan ini dapat membantu membuat rambut lebih sehat dengan menutrisi langsung kantung rambut. Kandungan ini bisa ditemukan di dalam ikan salmon dan kacang kedelai.

Potong rambut

Memotong rambut sekilas adalah cara yang tidak masuk akal jika ingin memiliki rambut panjang. Namun, memotong rambut ternyata memiliki dampak yang baik terhadap kesehatan.

Menurut Elezis, idealnya rambut dipotong setiap dua hingga empat bulan sekali. Memotong rambut juga membantu menghindari permasalahan rambut bercabang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement