Kamis 23 Aug 2018 05:00 WIB

Manfaat Mandi di Malam Hari

Untuk mendapatkan manfaat itu, kuncinya harus dilakukan di jam yang tepat.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Andi Nur Aminah
Mandi malam hari memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan.
Foto: ist
Mandi malam hari memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, Beberapa orang lebih menyukai mandi di malam hari. Tujuannya untuk membersihkan tubuh dari keringat dan debu yang menempel setelah seharian beraktivitas sehingga mereka bisa tidur dengan nyaman dan bersih.

Selain karena alasan kebersihan, mandi di malam hari ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. "Mandi sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan membantu tertidur lebih cepat," kata Elizabeth Culnan, PhD, dari Rush University Medical Center dikutip Travel and Lesiure.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Culnan menjelaskan, kuncinya harus dilakukan di jam yang tepat. Mandi yang dilakukan pada 1,5 sampai dua jam sebelum tidur bisa menghangatkan tubuh Anda. Kondisi tubuh yang hangat akan mendorong rasa kantuk dan membuat cepat tertidur.

Bahkan, manfaat mandi malam ini sangat baik dilakukan saat musim panas. Cuaca yang panas membuat suhu tubuh menurun. Penurunan suhu tubuh ini akan memperlambat denyut jantung, laju pernapasan, dan pencernaan sehingga membuat ritme tubuh sempurna untuk kualitas tidur yang optimal.

Namun, Culnan menyarankan waktu mandi sebaiknya tidak terlalu berdekatan dengan waktu tidur. Karena hal itu justru dapat membuat tubuh terjaga sepanjang malam. Sedangkan untuk mandi pagi, Culnan menyebutkan tidak ada manfaat kesehatan yang terbukti nyata secara ilmiah.

Manfaat utama dari mandi pagi yaitu untuk menyegarkan indra, selama durasi mandi tidak terlalu lama atau dengan suhu yang tidak terlalu panas. Suhu terlalu panas di pagi hari dapat menimbulkan efek relaksasi.

Jika tetap ingin mandi dengan air panas di pagi hari, presiden Asosiasi Dokter Naturopati Amerika Jaquel Patterson, ND, MBA, menyarankan untuk mengikutinya dengan air dingin. “Menurut Patterson, para dokter naturopati sering merekomendasikan praktik hidroterapi yang telah dilakukan sejak ribuan tahun.

"Hidroterapi mencakup mandi dengan air suhu panas dan dingin yang bergantian untuk membangunkan sistem dan meningkatkan aliran darah, serta mendukung sistem kekebalan tubuh anda,” kata Patterson.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement