Kamis 16 Aug 2018 13:46 WIB

Perawatan Kulit Simpel untuk Pria

Cara mudah atasi masalah kulit pria adalah dengan rajin bersihkan muka.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Pria juga membutuhkan perawatan wajah agar kulit tetap terjaga.
Foto: EPA
Pria juga membutuhkan perawatan wajah agar kulit tetap terjaga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesehatan kulit kini tidak hanya menjadi perhatian kaum hawa. Para pria pun saat ini juga mulai menyadari pentingnya melakukan perawatan kulit. Bisa dibilang, perawatan kulit sudah menjadi gaya hidup khususnya di kalangan masyarakat urban.

"Hal yang paling sering dikeluhkan pria yaitu kulit berminyak, dan bekas jerawat," kata ahli dermatologi, dr R. Roger Aruan SpKK, dalam acara peluncuran Nivea Men Deep, beberapa waktu lalu.

Selain kulit berminyak dan bekas jerawat, pori-pori wajah membesar adalah permasalahan lain yang juga sering dikeluhkan pria. Menurut Roger, pori-pori membesar terbentuk karena produksi minyak berlebih. Jika dibiarkan akan membuat kuman mudah masuk dan menyebabkan permasalahan kulit lainnya.

Salah satu cara mudah mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah pria ini adalah dengan rajin membersihkan wajah. Berbeda dengan perempuan, perawatan kulit pria sejatinya lebih mudah dan sederhana karena mereka tidak dipengaruhi oleh hormon.

Selain itu, pria juga sangat jarang menggunakan produk kimia pada kulit wajahnya. Jadi kondisi kulitnya jauh lebih baik dari perempuan. Namun, sebagai organ lapisan terluar, kulit menahan banyak kotoran seperti debu dan polutan. Inilah yang harus rajin dibersihkan.

Pria yang aktif beraktivitas di luar ruangan harus rajin membersihkan wajah menggunakan sabun pembersih wajah minimal dua kali sehari. Beberapa pria ada yang rutin juga nelakukan scrubbing. Namun, menurut Roger, perawatan ini tidak begitu dianjurkan karena pada prinsipnya kulit bisa melepaskan sendiri daki-daki yang menempel.

Baca juga: Vincent Rompies Mulai Ketagihan Belanja Daring

"Siklusnya secara normal terjadi setiap 28 hari. Jadi tidak perlu juga scrubbing, tapi kalau memang mau scrubbing cukup lakukan satu kali sebulan," kata Roger.

Pria yang aktif beraktivitas di luar ruangan harus rajin membersihkan wajah menggunakan sabun pembersih wajah minimal dua kali sehari. Untuk menjaga kulit tetap sehat, menurut dr Roger, sebaiknya pilihlah sabun pembersih yang baik dan aman untuk kulit.

Salah satunya yang mengandung charcoal atau arang yang berfungsi mengangkat kotoran dan polusi dari pori-pori terdalam. Roger menjelaskan, arang aman karena tidak menimbulkan efek reaksi terhadap kulit.

"Dengan cara kerja seperti busa, kandungan ini mempunyai daya serap yang sangat tinggi," kata Roger.

Sabun berbahan arang aman diaplikasikan di semua bagian kulit baik di area wajah dengan kelenjar sebum yang memproduksi minyak. Atau area ketiak dengan kelenjar apokrin yang mengeluarkan bau khas.

Kandungan arang ini kini bisa ditemukan dalam rangkaian produk perawatan kulit pria Nivea Men Deep. “Nivea Men Deep hadir untuk memenuhi kebutuhan perawaran kulit sehari-hari pria aktif Indonesia agar terhindar dari masalah kulit wajah dan bau badan,” kata direktur pemasaran PT Beiersdorf Indonesia Tomasz Schwarz.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement