Jumat 03 Aug 2018 04:18 WIB

Tujuh Manfaat Kesehatan dari Memeluk Pasangan

Berpelukan dengan suami atau istri akan meningkatkan hormon oksitosin.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Friska Yolanda
Ilustrasi berpelukan
Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Ilustrasi berpelukan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah pelukan dari suami atau istri tercinta mengandung kekuatan untuk memperbaiki suasana hati, khususnya saat sedih. Selain itu, memeluk pasangan Anda di momen atau hari bahagia bisa menggandakan kebahagiaan dan menanamkan rasa percaya diri.

Berikut adalah manfaat kesehatan dari memeluk pasangan, dilansir dari The Health Site, Kamis (1/8).

1. Memerangi pilek dan flu

Sebuah studi yang dilakukan Carnegie Mellon University menyebutkan memeluk pasangan, terutama ketika stres bisa membantu mengurangi pilek dan flu. Ini menunjukkan pelukan efektif melindungi pasangan dari kerentanan yang disebabkan stres dan infeksi virus. Inilah sebabnya mengapa Anda dianjurkan memeluk pasangan minimal sekali sehari.

2. Memperkuat kekebalan tubuh

Ketika Anda memeluk pasangan, Anda memberi tekanan pada tulang dada (sternum) dan ikatan emosional pun menguat. Ini mengaktifkan chakra solar plexus yang pada gilirannya merangsang kelenjar thymus, yaitu kelenjar yang mengatur produksi sel darah putih (leukosit) dalam tubuh. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh Anda menguat dan menjaga fisik tetap sehat.

3. Menghilangkan stres

Sebuah penelitian diterbitkan dalam Jurnal Psychological Science mengklaim bahwa memeluk atau dipeluk pasangan mengurangi efek stres. Jadi, lain kali Anda melihat pasangan stres, peluk dia.

4. Menurunkan hipertensi

Ketika Anda memeluk atau mencium pasangan, kadar oksitoksin meningkat. Hormon ini berperan kunci mengurangi kortisol dalam tubuh, sehingga menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain itu, ketika seseorang memeluk pasangan, corpuscles pacinian, sejenis reseptor pada kulit diaktifkan. Ini mengirimkan sinyal ke otak untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Membakar kalori

Anda mungkin tidak percaya bahwa memeluk pasangan bisa membakar sekitar 12 kalori. Ini berarti setiap kali Anda memeluk pasangan, Anda membantunya membakar kalori dan mempertahankan berat badan ideal.

6. Merelaksasi otot

Pelukan bisa mengurangi ketegangan di tubuh, melawan rasa sakit, serta meningkatkan sirkulasi darah. Ini juga membantu meningkatkan aliran darah di jaringan lunak, sehingga meredakan otot yang tegang. Terlepas dari menghilangkan stres mental, pelukan membuat keajaiban fisik, terutama aktivitas otot Anda.

7. Menyehatkan otak

Hormon bahagia atau oksitoksin dilepaskan ke aliran darah ketika Anda memeluk pasangan. Ini meningkatkan daya ingat otak. Pelukan juga merangsang sistem saraf parasimpatis, sehingga menyeimbangkan kapan tubuh harus aktif dan kapan tubuh harus tenang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement