Senin 30 Jul 2018 10:14 WIB

Gerakan Efektif Membentuk Perut Six-Pack

Olah raga teratur dan makan bersih adalah cara terbaik hilangkan lemak perut

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 Peragawan memeragakan jogging di arena kebugaran Fitness First cabang Kemang Village, Jakarta Selatan, Senin (12/6).
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Peragawan memeragakan jogging di arena kebugaran Fitness First cabang Kemang Village, Jakarta Selatan, Senin (12/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perut six-pack mungkin tampak mustahil dicapai sebagian orang. Namun, Anda bisa memperolehnya jika kiat-kiatnya tepat.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan mendapatkan six-pack? Jawabannya bervariasi bergantung individu, bentuk tubuh, dan usaha. Menurut pelatih selebriti dan juru bicara BodyArmor, Don A Matrix yang kliennya termasuk keluarga Kardashians dan Fergi, beberapa orang mungkin mulai melihat perubahan perutnya dalam minimal satu bulan, dan sebagian lainnya mungkin harus mengikuti diet ketat serta olah raga selama enam bulan.

"Sayangnya waktu tersebut tak berlaku sama untuk semua orang," katanya, dilansir dari Pop Sugar, Senin (30/7).

Pelatih pribadi, Lauren Clare selalu berpesan kepada kliennya bahwa perut six-pack itu dibuat di dapur. Ketika Anda berencana mengurangi lemak tubuh di perut, maka makan bersih (clean eating), dan olah raga teratur banyak membantu.

"Selain itu Anda juga perlu melatih otot perut di semua arah, termasuk fleksi, ekstensi, dan rotasi inti," ujarnya.

Ada tiga gerakan inti untuk membentuk six-pack yang efektif. Pertama, gerakan mountain (step climber) menggunakan bosu ball. Langkah pertama, ambil posisi push-up dengan kaki berada pada bosu ball, tangan menyentuh rata lantai, dan tubuh lurus. Rentangkan sepenuhnya kedua lengan, kunci posisi siku, dan tetap kencangkan otot inti tubuh.

Langkah kedua, angkat satu kaki dari bola, lalu gerakkan lutut ke arah dada. Tahan dan tetap jaga postur tersebut. Kembali ke posisi awal untuk mengulangi gerakan pada kaki di sisi yang berlawanan. Ulangi gerakan ini bergantian 20-30 kali.

Kedua, gerakan bosu crunch. Caranya, tempatkan punggung dan pinggul Anda pada bosu ball dalam posisi telentang. Lipat kaki dalam posisi ditekuk, kemudian angkat kaki dalam posisi lurus. Lakukan egrakan ini bergantian 20-30 kali.

Ketiga, gerakan bosu twist. Caranya, posisi tubuh seperti push up di lantai dengan bertumpu pada bosu ball. Buat posisi tubuh 45 derajat. Jatuhkan tubuh ke sisi kanan dan turunkan bosu ball ke samping kanan. Lakukan bergantian untuk sisi kiri. Ulangi secara bergantian selama 45 detik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement