Rabu 18 Jul 2018 06:35 WIB

Bermain Gim Komputer Bisa Perbaiki Kesehatan Mental

Gim bisa memengaruhi untaian syaraf otak dalam bentuk positif.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Pria bermain video gim.
Foto: pixabay
Pria bermain video gim.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Siapa bilang bermain gim  adalah kebiasaan yang buruk? Bermain gim komputer justru bisa membawa pengaruh positif pada kesehatan mental. Pernyataan itu diungkapkan oleh  Susanna Pollack, Presiden sekaligus Direktur Festival The Games for Change, baru-baru ini.

The Games for Change adalah acara tahunan yang berfokus pada bagaimana gim, virtual reality, dan augmented reality didesain untuk memberikan imbas positif terhadap kesehatan, pendidikan, dan ilmu kemasyarakatan. Dalam wawancara dengan South China Morning Post yang diselenggarakan di sela acara, Susanna menjelaskan gim membawa pengaruh positif pada mental lewat dua cara.

Perilaku pemain selama menjalankan gim bisa memengaruhi untaian syaraf otak dalam bentuk positif. Gim juga bisa digunakan untuk melepaskan stres dengan membiarkan pemainnya menjalankan role-play traumatik di lingkungan yang aman.

Baca juga: Jangan Abaikan Lip Balm untuk Kesehatan Bibir

"Mekanisme gim didesain untuk menciptakan ikatan. Orang punya ketertarikan tersendiri pada gim tergantung kemampuan mereka melibatkan diri di lingkungan dan ceritanya," kata Susanna. "Para peneliti menemukan bahwa gim bisa membangun kognitif positif di mana gim bisa mengembangkan transmisi syaraf kognitif," imbuhnya.

Lingkungan gim juga bisa dirancang untuk membangun empati dan pertahanan pada anak-anak muda yang mengalami perundungan. "Dalam gim, pemain bisa berperan sebagai apapun sesuai situasi tanpa dibayangi rasa takut," ungkap Susanna.

Ia mengutip hasil studi dari ahli syaraf bernama Dr. Adam Gazzaley. Praktisi yang berasal dari University of California San Francisco ini mempelajari bagaimana bentuk gim yang spesifik bisa membantu orang yang mengalami attention deficit hyperactivity disorder (ADHD).

Percobaan berlangsung selama dua tahun dan memperoleh persetujuan dari US Food and Drug Administration. Adam dan timnya meneliti bagaimana pola permainan gim yang menitikberatkan pada pengelolaan fokus dan mengeliminasi pengganggu bisa memengaruhi kerja otak dalam jangka panjang. Permainan yang demikian adalah solusi permanen bagi otak agar orang dengan ADHD sembuh dari penyakitnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement