Sabtu 14 Jul 2018 06:29 WIB

Perintah Habiskan Makanan di Piring Anak tak Efektif

Orang tua disarankan bertanya seberapa lapar anak dengan skala.

Rep: Noer Q Kusumawardhani/ Red: Indira Rezkisari
Kebiasaan anak makan sehat harus ditanamkan sejak usia dini.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Kebiasaan anak makan sehat harus ditanamkan sejak usia dini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang tua berpikir mengajari anak untuk menghabiskan semua makanan yang ada di piring adalah cara yang baik agar mereka memiliki pandangan yang baik dengan makanan. Orang tua mungkin tidak menyadari para ahli dan peneliti sekarang setuju bahwa cara itu merupakan pendekatan yang salah.

Menurut ahli diet Lyndi Cohen, hal itu akan mendorong seseorang makan berlebihan dan akhirnya makan dengan perasaan emosional ketika mereka semakin tua. “Strategi yang jauh lebih baik adalah bertanya seberapa lapar mereka dengan skala (dari nomor satu hingga) sepuluh dan memberikan makanan sesuai dengan itu,” kata Cohen , seperti dikutip dari Daily Mail.

Selain itu, orang tua juga tidak boleh berbicara buruk tentang orang lain. Ini akan memiliki dampak negatif terhadap anak-anak.

“Anda mengajari mereka membenci tubuh mereka dan mengajari mereka untuk mengkhawatirkan berat badan mereka,” ujarnya.

Sisi lain, pakar orang tua Dr Justin Coulson setuju dengan pandangan Cohen. Ia mengatakan orang tua memang harus berhenti memberi tahu anak-anak untuk menyelesaikan semua yang ada di piring mereka.

“Meminta anak-anak kita untuk makan segala sesuatu di piring mereka bisa merusak hubungan antara orang tua dan anak. Ini dapat membuat anak-anak kurang termotivasi mengonsumsi makanan bergizi di piring mereka,” kata Coulson.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement