Senin 02 Jul 2018 17:18 WIB

Orang Tua Harus Teredukasi tentang Nutrisi Anaknya

Edukasi membantu orang tua membesarkan anak secara optimal.

Rep: Eric Iskandarsjah/ Red: Indira Rezkisari
Ibu muda dan anak-anaknya.
Foto: Republika/Prayogi
Ibu muda dan anak-anaknya.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Edukasi tentang nutrisi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan anak. Edukasi nutrisi karena itu perlu dilakukan sejak dini.

Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, mengatakan bahwa untuk mendorong anak tumbuh kembang secara optimal, orang tua harus menggali lima aspek. Ia menyebutnya dengan 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju

Aspek tumbuh kembang tersebut saling berkaitan. Tujuannya adalah membesarkan anak dengan tumbuh kembang yang optimal, yaitu dari aspek fisik, kognitif, emosi, bahasa dan sosial.

“Orang tua dan lingkungan sekitar anak diharapkan dapat secara bertahap dan terus menerus menstimulasi kelima aspek tumbuh kembang ini yang dapat mendukung si kecil menjadi anak generasi maju. Hal ini diperlukan karena lima potensi anak generasi maju tidak tumbuh instan, namun perlu dikembangkan sejak dini,” kata Anna.

SGM Eksplor terdorong melakukan upaya untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak. Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo menjelaskan, langkah strategis itu dilakukan dengan menggandeng pendidikan anak usian dini (PAUD) di seluruh Indonesia sebagai rangkaian peogram kampanye Anak Generasi Maju.

“Dalam rangkaian kampanye Anak Generasi Maju, SGM Eksplor bekerja sama dengan PAUD sebagai institusi pendidikan usia dini. PAUD memiliki peranan penting bagi perkembangan anak juga akan memperoleh perhatian khusus dari SGM Eksplor untuk mendukung pendidikan generasi maju,” ujarnya di Taman Pintar Yogyakarta akhir pekan lalu.

SGM pun akan bekerjasama dengan 100 PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia dalam bentuk edukasi nutrisi dan pemberian dana pendidikan. Selain itu ia juga menekankan bahwa dukungan yang selama ini telah diberikan oleh SGM Eksplor dalam hal edukasi nutrisi akan terus dilakukan dalam skala yang lebih besar seperti melalui kegiatan Mini Mobi dan aktivasi digital.

“Pada tahun 2018, aktivitas Mini Mobi akan berkeliling ke delapan ribu area di Indonesia dan melakukan edukasi nutrisi dan stimulasi bagi anak-anak melalui berbagai permainan edukatif. Edukasi nutrisi juga dilakukan melalui media digital di Facebook Aku Anak SGM, bertujuan menjangkau lebih banyak lagi orang tua di Indonesia,” ucapnya.

Dalam halaman Facebook Aku Anak SGM pun terdapat berbagai kiat tumbuh kembang anak, live chat dengan para ahli seperti dokter anak dan psikolog anak. Selain itu orang tua dapat bertanya secara langsung dari ahlinya sehingga dapat mendukung Ibu untuk mewujudkan 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju yang cerdas kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, supel, mandiri  serta percaya diri.  

“Program ini sejalan dengan visi SGM Eksplor, kami percaya bahwa setiap anak Indonesia berhak untuk maju memiliki masa depan yang cerah sehingga dapat meraih cita-citanya. Selama lebih dari 50 tahun SGM Eksplor telah mendukung orang tua Indonesia dengan melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil dan mengadakan edukasi nutrisi secara rutin untuk mendukungnya memiliki 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju yang cerdas kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, supel, mandiri serta percaya diri,” kata dia.

Kegiatan Festival Sahabat Generasi Maju di Yogyakarta diadakan di Taman Pintar yang merupakan area rekreasi edukatif untuk anak dan keluarga, dimana orang tua dapat berekreasi dengan keluarga sekaligus menstimulasi potensi si Kecil dengan cara yang menyenangkan melalui wahana edukatif Jejak Nutrisi di Taman Pintar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement