Rabu 27 Jun 2018 06:46 WIB

Rahasia Dapur Agar Kentang Goreng Tetap Renyah

Cara mempertahankan kerenyahan kentang goreng adalah dengan menggorengnya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Kentang goreng.
Foto: EPA
Kentang goreng.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sajian kentang goreng di restoran selalu renyah dan lezat saat baru dihidangkan pada meja. Kondisi itu sangat berbeda ketika pelanggan membawanya pulang ke rumah dan berniat untuk menghangatkannya.

Setelah dipanaskan kembali, teksturnya jauh dari kata renyah, bahkan kentang menjadi lembek dan tidak menggugah selera. Ternyata, ada cara sederhana agar kentang goreng bisa tetap seperti awal disajikan.

Ulasan di laman Mental Floss menganjurkan untuk tidak memanaskan kentang di microwave. Ketika kentang dimasukkan ke dalam microwave, semua bagian renyah pada kentang justru berubah menjadi lembap.

Cara mempertahankan kerenyahan kentang goreng adalah dengan menggorengnya. Siapkan wajan besar yang sudah berisi dua sendok makan minyak goreng untuk setiap satu cangkir kentang goreng yang ingin dipanaskan kembali.

Baca juga: Kota di Spanyol Klaim Temukan Resep Asli Coca-Cola

Letakkan wajan di atas api sedang, tunggu sampai minyak mulai panas dan berkilau. Setelah itu, masukkan kentang goreng dalam satu lapisan selama semenit, kemudian balikkan kentang sekitar setengah menit sampai semenit lagi.

Memanaskan kentang goreng dengan cara demikian menimbulkan efek yang disebut Reaksi Maillard. Panas yang tinggi mengubah protein dan gula dalam makanan, menciptakan efek kecoklatan serta tekstur dan rasa tertentu.

Setelah kentang goreng kembali renyah, segera angkat menggunakan penjepit atau spatula. Letakkan kentang di atas tisu untuk menyerap minyak berlebih, taburi dengan garam, dan kentang goreng sempurna siap disantap.


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement