Kamis 21 Jun 2018 12:36 WIB

Time's Up Pengaruhi Pola Asuh Zoe Saldana

Saldana merasa perlu mendidik anak lelaki menghormati perempuan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Indira Rezkisari
Zoey Saldana.
Foto: AP
Zoey Saldana.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Gerakan 'Time's Up' melawan pelecehan seksual di industri film Hollywood telah memengaruhi banyak praktisi di bidang tersebut. Salah satunya aktris Zoe Saldana yang memutuskan untuk lebih memerhatikan pola asuh terhadap anak.

Perempuan 40 tahun itu mengatakan, dia ingin membesarkan ketiga putranya dalam lingkungan yang penuh toleransi gender. Menurut Saldana, apa yang ditanamkan orang tua sejak dini akan sangat memengaruhi pandangan mereka kelak sebagai orang dewasa.

Istri seniman Italia Marco Perego itu memiliki tiga putra, yaitu si kembar Bowie dan Cy (3 tahun) serta Zen yang masih berusia 18 bulan. Walaupun mereka masih sangat kecil, Saldana dan sang suami sudah mulai berdiskusi soal pola asuh.

"Kecenderungan matriarki dan patriarki, seperti anak perempuan dekat dengan ayah dan anak lelaki dekat dengan ibu, kami anggap menggelikan dan kurang sehat dalam mengasuh anak," ungkapnya.

Bagi Saldana, hal itu membuat pandangan anak mengenai peran ayah dan ibu menjadi terdistorsi. Pada akhirnya, akan muncul stereotip dan pembatasan mengenai posisi perempuan dan laki-laki dalam keluarga.

Mengatasinya, dia dan suami sepakat untuk memosisikan diri secara cair. Dalam artian, tidak ada salah satu pihak yang lebih dominan atau mengatur dalam hal tertentu karena ayah dan ibu hadir utuh sebagai satu unit.

Selain itu, Saldana merasa sangat perlu mendidik para lelaki kecilnya untuk menghormati perempuan. Menilik kampanye 'Time's Up', dia pun mengajak semua ibu dan ayah untuk menyisipkan ajaran moral demikian kepada anak sejak dini.

"Para ibu bisa saja memiliki kesalahan yang sama dengan para ayah, dengan tidak hadir dalam kepengasuhan atau menyampaikan pesan yang terdistorsi mengenai laki-laki dan perempuan," kata pemeran Gamora dalam film Guardians of the Galaxy itu, dikutip dari laman Contactmusic.


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement