Ahad 10 Jun 2018 05:43 WIB

Ini Saran untuk Tentukan Waktu Tidur dan Bangun Anda

Jangan terlalu sibuk pada waktu, cukup fokus pada pola tidur dan bangun yang teratur.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Israr Itah
Pria tertidur/ilustrasi
Foto: pixabay
Pria tertidur/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda akhirnya tidur pada tengah malam dan bangun untuk berangkat kerja jam 5 pagi, pola tidur Anda yang tidak efisien dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari Anda. Namun apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki pola tidur Anda. Apakah tetap tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari?

Profesor Colin Espie di Nuffield Department of Clinical Neuroscience di Universitas Oxford memiliki beberapa saran. Ketika saatnya tiba untuk tidur, Profesor Espie menegaskan bahwa aturannya jauh lebih jelas. 

"Sangat penting untuk tidak terjebak pada gagasan satu waktu tidur yang cocok untuk semua orang, karena individu yang berbeda dapat memiliki chronotypes yang berbeda. Sebagian besar dari kita duduk di tengah-tengah, antara menjadi ayam pada pagi hari atau burung hantu, tetapi ada orang-orang yang tidak berada di keduanya," kata dia, dilansir dari Independent, Ahad (10/6).

Dia menjelaskan bahwa setiap individu harus menemukan yang mereka butuhkan secara pribadi dan kemudian menjadikan ini kebiasaan berulang. Jangan terlalu sibuk pada waktu, cukup fokus pada pola tidur dan bangun yang teratur.

"Tidur yang buruk atau tidak cukup dapat mempengaruhi segala sesuatu dalam kehidupan sehari-hari, dari suasana hati kita dan bagaimana kita berinteraksi dengan orang-orang dengan produktivitas kita di tempat kerja," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement