Jumat 15 Jun 2018 02:55 WIB

Lima Cara Membuat Rumah Lebih Sejuk tanpa AC

Dengan trik tertentu, rumah bisa sejuk meski Anda tak memiliki pendingin udara.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Ani Nursalikah
Kipas angin di kamar tidur/ilustrasi
Foto: luxury-idea.com
Kipas angin di kamar tidur/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cuaca yang panas membuat kita berkeringat walaupun berada di dalam rumah dan tidak melakukan aktivitas yang melelahkan. Kondisi ini tentu saja tidak nyaman karena tubuh terasa lengket dan gerah. Di rumah yang dilengkapi pendingin ruangan atau AC, umumnya penghuni menyalakannya demi mendapatkan suasana yang lebih sejuk.

Akan tetapi, tanpa menyalakan AC pun ternyata kita bisa memperoleh kesejukan lewat berbagai cara. Dilansir di Fox News, inilah lima cara menyejukkan rumah tanpa harus bergantung pada AC.

Siasati kipas angin

Dengan semangkuk es batu dan kipas angin, Anda dapat menikmati embusan angin dingin. Masukkan es batu ke dalam plastik atau wadah yang bisa digantung. Letakkan es tersebut di depan kipas angin yang menyala. Setelah itu, nikmatilah embusan angin dingin yang menyegarkan.

Putaran terbalik

Apabila di rumah atau ruangan Anda terdapat kipas angin yang menempel di langit-langit, aturlah agar kipas itu berputar melawan arah jarum jam. Putaran melawan arah jarum jam dapat menekan udara ke bawah. Naikkan kecepatan putaran jika menginginkan angin yang lebih kencang.

Dinginkan tirai

Kadang kala membuka semua jendela bukan solusi terbaik untuk membuat rumah lebih sejuk. Mengapa tidak mencoba mendinginkan tirai saja? Caranya sangat mudah, cukup semprotkan air dingin ke tirai dan biarkan menutupi jendela yang terbuka. Angin yang menabrak tirai basah itu akan masuk ke dalam rumah dan mendinginkan suhu ruangan.

Nyalakan exhaust fan

Exhaust fan biasanya dipasang di kamar mandi dan dapur. Manfaatkan perangkat tersebut untuk menyerap udara panas di ruangan saat cuaca sedang terik.

Bantal dingin

Menjelang waktu tidur hawa masih saja panas, lalu apakah yang bisa dilakukan selain menyalakan AC? Jawabannya adalah menggunakan bantal yang dingin. Gunakan bantal dengan kantung jeli dingin untuk membuat waktu istirahat Anda menjadi lebih sejuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement