Senin 26 Sep 2016 12:24 WIB

Trik Ciptakan Rumah Sejuk tanpa AC dan Kipas Angin

Rumah tanpa AC bisa diwujudkan dengan trik tertentu.
Foto: flickr
Rumah tanpa AC bisa diwujudkan dengan trik tertentu.

REPUBLIKA.CO.ID, Sangat tidak nyaman berada di dalam ruangan yang terlalu panas. Untuk itu umumnya orang akan menggunakan pendingin ruangan (Air Conditioner atau AC) atau kipas angin untuk menstabilkan suhu di dalam ruangan.

Namun cara ini terbilang boros. Baik dari segi penggunaan listrik, pengeluaran bulanan, hingga perawatan pada alat.

Jika Anda juga memperhitungkan hal serupa berikut ada sejumlah trik menarik. Ada trik menciptakan suhu ruangan di dalam rumah tetap sejuk tanpa memakai AC maupun kipas angin.

Jendela Berlapis

Desain jendela yang terdiri dari dua lapis sangat efektif menjaga temperatur di dalam ruangan di rumah. Ruang menjadi sejuk dan segar, ketimbang jendela satu lapis. Jika bujet Anda terbatas mendesain jendela ini, bisa memakai lapisan film yang ditempel ke jendela.

Kaca film merupakan cara mudah, murah dan sederhana untuk membuat jendela berlapis. Selain itu, penggunaan kaca film juga efektif menjaga privasi dan keamanan di dalam rumah. Tak perlu cemas ruangan akan gelap, karena cahaya matahari tetap bisa masuk, tanpa membuat ruangan jadi pengap.

Taman di Tengah Bangunan Rumah

Adanya ruang terbuka di tengah-tengah bangunan rumah bisa membantu pergerakan udara di sekitar. Ruang terbuka yang bisa dijadikan taman indah dengan menanam pohon atau tanaman hijau lainnya.

Analoginya seperti penangkap angin, dimana taman akan memanfaatkan pertukaran udara dan mempengaruhi suhu udara di dalam rumah. Proses pertukaran udara berlangsung terus-menerus dan sangat baik untuk kesehatan rumah serta penghuninya.

Dinding dari Styrofoam

Umumnya styrofoam di dalam ruangan digunakan untuk meredam suara atau bising. Namun, tahukah Anda bahwa styrofoam juga bisa membantu menyejukkan ruangan di dalam rumah. Trik yang murah dan mudah, karena bahan ini tidak mengantarkan panas dengan baik.

Itulah mengapa suhu di ruangan berdinding styrofoam lebih stabil, meski cuaca di luar sedang panas atau dingin. Anda bebas memilih styrofoam polos atau bermotif, untuk dipasang di dinding ruangan. Sesuaikan saja dengan konsep desain interior yang digunakan.

sumber : Rumahku.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement